BMKG Akui Prakiraan Cuacanya Masih Kurang Akurat

Kompas.com - 30/01/2014, 16:28 WIB
Kepala Sub Bidang Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Badan Meteorologi, Klimaologi, dan Geofisika (BMKG) Kukuh Rubudiyanto menunjukkan model prakiraan cuaca arpege di Kantor BMKG, Jakarta, Senin (14/1/2013). KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMOKepala Sub Bidang Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Badan Meteorologi, Klimaologi, dan Geofisika (BMKG) Kukuh Rubudiyanto menunjukkan model prakiraan cuaca arpege di Kantor BMKG, Jakarta, Senin (14/1/2013).
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com — Diprediksi hujan lebat, kadang yang terjadi hanya hujan ringan. Diprakirakan hujan lebat terkonsentrasi di utara Jakarta, rupaya wilayah selatan seperti Bogor juga hujan.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengakui bahwa prakiraan cuacanya saat ini memang masih kurang akurat.

"Memang kita akui masih kurang," kata Andi Eka Sakya, Kepala BMKG, saat dihubungi Kompas.com, Kamis (30/1/2014).

"Kita akan terus tingkatkan akurasinya dari sisi peralatan dan sumber daya manusianya, dalam hal ini forecaster-nya," imbuhnya.

Andi mengatakan, kurang akuratnya prakiraan cuaca memang dipengaruhi oleh kondisi cuaca yang dinamis.

Menurut Andi, masih kurang akuratnya prakiraan cuaca dihadapi oleh lembaga serupa yang ada di dunia.

"Termasuk di Amerika. Saat ini, berdasarkan survei, akurasi kami 60 - 70 persen. Di Amerika 80 - 85 persen. Jadi memang tidak ada yang 100 persen akurat," ungkapnya.

Thomas Djamaluddin yang membawahkan Pusat Sains Atmosfer Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mengakui sulitnya memprediksi cuaca.

"Kondisi yang kita prakirakan kadang sangat general. Padahal cuaca sangat dipengaruhi faktor lokal," ungkapnya.

Meski demikian, ia mengatakan tetap perlunya meningkatkan akurasi prakiraan cuaca sehingga tumbuh kepercayaan dari masyarakat.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X