Kencing Sering Sakit? Hati-hati Sistitis "Honeymoon"

Kompas.com - 24/01/2014, 11:05 WIB
Ilustrasi toilet ShutterstockIlustrasi toilet
|
EditorAsep Candra


KOMPAS.com -
Keluhan sakit saat kencing sering dikeluhkan oleh wanita yang habis menikah. Pasien yang datang  dengan keluhan sakit saat kencing, umum kita temui pada wanita sebulan sehabis musim pernikahan seperti saat ini. Apalagi, pada saat musim hujan seperti saat ini.

Penyakit ini dikenal sebagai sistitis honeymoon atau peradangan pada kantung kencing yang sering terjadi pada masa bulan madu. Penyakit ini termasuk penyakit infeksi saluran kencing terutama dialami oleh wanita baru menikah atau para wanita pengantin baru. Penyakit ini juga bisa dialami oleh para ibu yang baru kedatangan suami yang baru pulang kerja luar kota/negeri.

Penyakit sistitis honeymoon ini terjadi karena kontak seksual yang sering setelah sekian lama tidak berhubungan atau belum pernah berhubungan. Pasien denga sistitis honeymoon biasanya mengeluh nyeri anyang-anyang, buang air kecil (BAK) atau kencing terasa sakit dan panas, bahkan bisa urinenya berwarna merah, jika berat pasien juga bisa merasakan demam.

Oleh karena itu, jika pada pengantin baru yang mengeluh sakit saat BAK kita harus duga sedang mengalami sistitis honeymoon. Penyakit ini jangan dianggap sebagai penyakit yang simpel, jika tidak ditangani dengan baik sistitis bisa naik ke ginjal menjadi infeksi ginjal akut.

Pasien yang mengalami sistitis honeymoon selain merasakan nyeri saat BAK juga merasakan nyeri jika dilakukan penekanan pada perut tengah bawah atau di daerah pubis. Pemeriksaan urin bisa ditemukan adanya sel darah putih atau sel darah merah yang jumlahnya berlebih. Jika kondisi sakitnya berat bisa ditemukan peningkatan kadar sel darah putih (lekosit) didalah darah. Dokter akan memberikan antibiotika dan penghilang sakit untuk saluran kencing pada pasien dengan sistitis honeymoon.

Penyakit sistitis honeymoon bisa dicegah, jaga kebersihan seputar lubang kencing, usahakan BAK sebelum dan sesudah berhubungan dan jangan menahan BAK. Terakhir jangan lupa minum air yang cukup walau tidak haus minimal 8-10 gelas perhari.

Selamat menikmati bulan madu di musim hujan dan tetap sehat.

Dr. Ari Fahrial Syam

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Kompasiana
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X