Kompas.com - 16/01/2014, 15:12 WIB
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com
 — Di bawah lapisan es Antartika tersembunyi jurang yang dalamnya mencapai 3 kilometer, lebih dalam dan lebih besar dari Grand Canyon.
 
Jurang itu ditemukan oleh ilmuwan Inggris yang memetakan Ellsworth Subglacial Highlands, sebuah wilayah pegunungan di bawah lapisan es Antartika bagian barat.
 
Tim ilmuwan Inggris, yakni dari Glaciology Centre Bristol University dan British Antartics Survey, menemukan jurang dalam itu dengan bantuan teknologi penetrasi radar dan satelit.
 
Observasi selama tiga musim dan analisis hasil observasi menunjukkan adanya jurang sedalam 3 kilometer, sepanjang 298 kilometer serta lebar 24 kilometer.
 
"Bagi saya, ini menunjukkan betapa masih kecil area di permukaan planet kita yang diketahui," kata Neil Ross dari Newcastle University, pimpinan tim studi.
 
"Penemuan dan eksplorasi lansekap yang tersembunyi dan sebelumnya tak diketahui masih mungkin dan sangat menarik, bahkan sampai sekarang," imbuhnya seperti dikutip IB Times, Selasa (14/1/2014).
 
Menurut Ross, jurang itu terbentuk ketika Antartika memisahkan diri dari daratan Bumi yang lain sekitar 80 juta tahun yang lalu.
 
Ketika daratan yang memisah itu mencapai kutub, suhu turun drastis, tercipta gletser dan akhirnya lansekap seperti jurang ini terbentuk dan selanjutnya tertutup es.
 
Observasi yang membuahkan penemuan ini merupakan upaya pertama untuk melihat wilayah Antartika yang tersembunyi oleh lapisan es.
 
Meskipun demikian, penemuan jurang dalam di bawah lapisan es bukan yang pertama kalinya. Tahun 2013 lalu, ilmuwan menemukan jurang raksasa di bawah lapisan es Greenland.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.