Bagi Monyet Ini, Lemparan Batu Berarti Kemesraan

Kompas.com - 15/01/2014, 21:06 WIB
Monyet Capuchin Jan SevicikMonyet Capuchin
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com — Banyak cara dilakukan untuk menggoda lawan jenis, dan bagi monyet capuchin betina, cara menggoda paling jitu adalah dengan melempar batu kepada calon pasangannya.

Dalam sebuah rekaman untuk film dokumenter Wild Brazil, primata itu terlihat merengek, menarik wajah, dan mengikuti calon pasangannya.

Para ilmuwan mengatakan, ini adalah hal yang serius bagi capuchin betina karena menjadi satu-satunya kesempatan mereka untuk mendapatkan pasangan.

Camila Galheigo Coelho dari Universitas Durham di Inggris dan Universitas Sao Paolo di Brasil telah menghabiskan dua tahun mempelajari interaksi sosial monyet ini.

Capuchin dikenal karena kepintarannya dan diketahui sebagai primata non-kera yang menggunakan peralatan.

Tidak punya tanda fisik

Mereka menggunakan batu untuk memecah kacang, menggali tanah dan menyelidiki lubang.

Tidak seperti monyet jenis lain, capuchin betina tidak memiliki indikator fisik yang menunjukkan bahwa mereka sedang mengalami masa subur.

Tanpa warna bulu yang cerah atau bau yang khas sebagai alat komunikasi, capuchin menunjukkan bahwa dia siap kawin dengan perilakunya.

Dalam kasus ini, melempar batu bukanlah sebuah sinyal agresi, melainkan sebagai sebuah pujian.

"Seperti primata lain, sang jantan mungkin menunggu sampai kesuburan telah mencapai puncaknya. Capuchin jantan akan menunggu betina untuk menampilkan rayuan maksimal agar menjamin bahwa kopulasi terjadi pada tahap paling subur," urai Coelho.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X