Mengapa Langit Jakarta Hari Ini Masih Terang Kala Maghrib?

Kompas.com - 09/01/2014, 18:58 WIB
Ilustrasi. Langit Kamis (9/1/2013) sore Jakarta masih tampak terang meski waktu sudah menunjukkan pukul 18.30 WIB. rideralit.wordpress.comIlustrasi. Langit Kamis (9/1/2013) sore Jakarta masih tampak terang meski waktu sudah menunjukkan pukul 18.30 WIB.
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com
— Ada yang dianggap aneh oleh sejumlah warga Jakarta dan sekitarnya pada Kamis (9/1/2014) hari ini. Saat waktu sudah menunjukkan pukul 18.30, memasuki maghrib, ternyata langit masih terang.

Komentar warga Jakarta dan sekitarnya yang keheranan tecermin di jejaring sosial Twitter.

"Tumben langit masih terang," demikian kicauan akun milik Zella yang tinggal di Bogor.

"Udah jam setengah tujuh tapi langit masih terang loh," kicau Fitri yang tinggal di Jakarta.

"Mataharinya lembur, jam segini langit masih terang," demikian kicauan Raden yang juga tinggal di Jakarta.

Sementara ada pula yang mengaitkan langit terang dengan badai Matahari yang meletup pada Rabu (8/1/2014) dini hari dan membuat peluncuran kargo antariksa Cygnus ditunda.

"Ini efek badai Matahari-nya serem amat. Jam segini masih terang," kicau pengguna Twitter lain, Ikhsan.

Mengapa langit Jakarta dan sekitarnya masih terang saat telah memasuki maghrib? Apakah memang ada hubungannya dengan badai Matahari?

Profesor astrofisika Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin, saat dihubungi Kompas.com, mengatakan bahwa hal itu terkait dengan posisi Matahari saat ini.

"Saat ini Matahari masih di belahan selatan. Jadi di Jawa siang lebih panjang daripada malam. Jadi maghrib lebih dari pukul 18.00 WIB," paparnya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X