Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makam Pembuat Bir Zaman Mesir Kuno Ditemukan

Kompas.com - 05/01/2014, 21:08 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis


KOMPAS.com - Arkeolog menemukan makan pembuat bir pada masa Mesir Kuno.

Makam dari Khonso Em Heb, pembuat bir yang hidup 3.200 tahun lalu, ditemukan oleh tim ilmuwan dari Jepang dan dideskripsikan sebagai salah satu penemuan paling penting di situs Thebes, kota Luxor.

Mohamed Ibrahim dari Kementerian Kepurbakalaan Mesir mengatakan, Khonso Em Heb adalah kepala pembuat bir untuk dewa kematian.

Mendeskripsikan makam Khonso Em Heb, Ibrahm menjelaskan bahwa makam tersebut memiliki desain dan warna yang menakjubkan, merepresentasikan keseharian pemiliknya serta ristual keagamaan yang dijalankan.

Salah satu dekorasi makam itu berupa pahatan yang menunjukkan Khonso Em Heb sedang memberikan persembahan pada dewa bersama istri dan anak perempuannya.

Jiro Kondo dari Waseda University, kepala tim penggalian dari Jepang, mengatakan, arkeolog menemukan makam itu ketika tengah membersihkan makam lain m ilik pejabat tingkat tinggi dari masa King Amenhotep III, dinasti ke 18.

Makam yang baru ditemukan, seperti diberitakan Daily Mail, Sabtu (4/1/2014), itu kini dijaga ketat hingga proses ekskavasinya selesai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com