Makam Pembuat Bir Zaman Mesir Kuno Ditemukan

Kompas.com - 05/01/2014, 21:08 WIB
AP Hiasan pada makam pembuat bir zaman Mesir Kuno, Khonso Em Heb.

KOMPAS.com - Arkeolog menemukan makan pembuat bir pada masa Mesir Kuno.

Makam dari Khonso Em Heb, pembuat bir yang hidup 3.200 tahun lalu, ditemukan oleh tim ilmuwan dari Jepang dan dideskripsikan sebagai salah satu penemuan paling penting di situs Thebes, kota Luxor.

Mohamed Ibrahim dari Kementerian Kepurbakalaan Mesir mengatakan, Khonso Em Heb adalah kepala pembuat bir untuk dewa kematian.

Mendeskripsikan makam Khonso Em Heb, Ibrahm menjelaskan bahwa makam tersebut memiliki desain dan warna yang menakjubkan, merepresentasikan keseharian pemiliknya serta ristual keagamaan yang dijalankan.

Salah satu dekorasi makam itu berupa pahatan yang menunjukkan Khonso Em Heb sedang memberikan persembahan pada dewa bersama istri dan anak perempuannya.

Jiro Kondo dari Waseda University, kepala tim penggalian dari Jepang, mengatakan, arkeolog menemukan makam itu ketika tengah membersihkan makam lain m ilik pejabat tingkat tinggi dari masa King Amenhotep III, dinasti ke 18.

Makam yang baru ditemukan, seperti diberitakan Daily Mail, Sabtu (4/1/2014), itu kini dijaga ketat hingga proses ekskavasinya selesai.



EditorYunanto Wiji Utomo

Close Ads X