Kompas.com - 26/12/2013, 15:44 WIB
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com
— Sejumlah spesies baru dari Indonesia berhasil diungkap oleh para ilmuwan, baik dari Indonesia, luar negeri, maupun lewat kolaborasi. Beberapa penemuan terbilang mengejutkan sebab tidak hanya dinyatakan sebagai spesies baru, tetapi juga genus baru.

Dari sekian spesies baru yang ditemukan di Indonesia, ada lima spesies yang terbilang istimewa dilihat dari kelangkaannya, kejutan ketika menemukannya, serta dari karakteristiknya. Berikut lima spesies tersebut.

Anggrek Bercula

Destario Metusala Malleola inflata

Spesies baru ini ditemukan oleh peneliti anggrek dari Kebun Raya Purwodadi, Destario Metusala. Spesies anggrek yang ditemukan itu dinamai Malleola inflata.

Rio mengatakan, anggrek tersebut dikatakan bercula sebab punya "tonjolan kalus berukuran cukup besar yang menyeruak dari bibir bunganya sehingga tampak menyerupai cula".

Spesies ini ditemukan lewat hasil pembelajaran koleksi anggrek di Kebun Raya Purwodadi.  Anggrek bercula tersebut dikoleksi dari wilayah Kalimantan Barat pada tahun 2006. Penemuan bunga ini dipublikasikan di Malesian Orcid Journal edisi Februari 2013.

Tikus Berduri

Jon Fieldsa Halmaheramys bokimekot

Spesies tikus berduri ditemukan di wilayah Halmahera oleh peneliti dari Museum Zoologi Bogor, LIPI, yang bekerja sama dengan peneliti dari Universitas Copenhagen. Temuan itu dipublikasikan di Zoological Journal of the Linnean Society pada bulan September 2013.

Tikus dikatakan berduri sebab bulu-bulunya keras, tak seperti tikus umumnya. Bagian punggung tubuhnya berwarna coklat dengan ujung ekor berwarna putih dan bagian perut yang kelabu terang.

Tikus ini memiliki nama Halmaheramys bokimekot, sesuai nama tempat penemuannya. Tikus ini juga unik sebab sementara hewan di timur Indonesia lebih punya karakteristik Australia, tikus ini punya karakteristik Asia. Bukan cuma spesies baru, tikus ini juga genus baru.