Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Islandia bagai Pohon Natal bila Dilihat dari Luar Angkasa

Kompas.com - 24/12/2013, 13:11 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis


KOMPAS.com - Ada pohon natal raksasa di Islandia. Bukan pohon natal serupa cemara seperti umumnya, tetapi berupa daratan barat laut Islandia yang bentuknya ternyata menyerupai pohon natal bila dilihat dari luar angkasa.

Citra daratan Islandia yang serupa pohon natal itu diambil oleh satelit ENVISAT milik European Space Agency (ESA). Satelit itu mengombinasikan tiga pencitraan yang diambil pada 11 September 2004, 14 April 2007, dan 3 Mei 2008.

Dalam video Earth from Space, ESA, yang diunggah di Space.com, Jumat (20/12/2013), tampak ada wilayah berwarna abu-abu dengan tepian menyerupai cabang dan ranting pohon. Wilayah itu adalah daratan utama di barat laut Islandia.

Celah-celah sempit yang membuat daratan Islandia berbentuk serupa pohon natal disebut sebagai fyord. Pengertian fyord sendiri adalah lautan yang menjorok ke dalam, seperti teluk, yang terbentuk akibat lelehan gletser.

Dahulu, di Islandia, wilayah yang kini fyord terdiri atas es tebal. Akibat pemanasan global, es tersebut meleleh dan airnya bercampur dengan air laut lalu membentuk fyord. Di dekitar fyord adalah daratan yang terdiri atas tebing.

Selain struktur fyord, citra ESA juga menunjukkan adanya titik-titik cahaya seperti lampu di pohon natal. Titik-titik itu menunjukkan penerangan di kota terbesar di wilayah barat laut Islandia, Isafjodur.

Islandia merupakan wilayah paling barat Eropa. Secara geografis, wilayah itu ada di timur Greenland, tepat di sebelah selatan Arktik, serta sebelah utara Samudera Atlantik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com