Kompas.com - 18/12/2013, 18:56 WIB
International Space Station (ISS) dilihat dari pesawat ulang alik Endeavour WikipediaInternational Space Station (ISS) dilihat dari pesawat ulang alik Endeavour
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com - Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) bakal menggelar spacewalk pada hari Natal nanti. Bukan untuk merayakan Natal, tetapi untuk memperbaiki sistem pendingin di Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Sistem pendingin di ISS pada 11 Desember 2013 lalu diketahui mengalamo kerusakan. Ada hambatan pada saluran amonia yang membantu menjaga suhu di ISS. Akibatnya, beberapa fasilitas di tempat itu harus dipastikan.

Diberitakan CNN, Rabu (18/12/2013), spacewalk akan dilakukan tidak hanya pada hari Natal, tetapi juga pada 21 Desember dan 23 Desember. Lewat spacewalk nanti, pompa yang mengalami masalah akan diganti dengan cadangan yang sudah ada. Spacewalk akan dilakukan Mike Hopkins dan Rick Mastracchio.

Akibat misi spacewalk ini, NASA terpaksa menunda misi wahana Cygnus Orbital Science Corp yang telah menjalani tes September lalu. Rencananya akan diluncurkan Kamis (19/12/2013), misi itu ditunda peluncurannya hingga paling tidak 13 Januari 2014.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.