Kompas.com - 04/12/2013, 18:19 WIB
Paus sperma yang terdampar dan mati di Faroe Island meledak ketika akan dibedah. YoutubePaus sperma yang terdampar dan mati di Faroe Island meledak ketika akan dibedah.
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com — Sebuah video di Youtube menunjukkan bangkai seekor paus sperma meledak. Sebagian organ paus itu membuncah keluar bersama darah dan cairan lain. Video di bawah menunjukkannya.

Cerita meledaknya bangkai paus sperma itu bermula ketika biolog Bjarni Mikklesen dari National Museum di Faroe Island akan membedah untuk membawa kerangkanya ke Danish Museum. Saat membedah, rupanya pisau bedah Mikklesen menusuk bagian kantong gas. Alhasil, bangkai paus itu meledak.

Bangkai paus yang akan dibedah terdampar awal minggu lalu di Faroe Island, Atlantik bagian utara. Paus sperma diduga mati oleh sebab alami.

Mikklesen mengatakan, meledaknya paus kemungkinan terjadi karena akumulasi gas dalam tubuhnya. Selama proses pembusukan, berbagai macam gas seperti metana, amonia, dan hidrogen sulfida terbentuk.

"Paus sudah mati dua hari ketika kami akan membedahnya, jadi kami tahu akan ada tekanan dari dalam, tapi kami tak mengira akan seperti ini," kata Mikklesen.

"Kami tak menyangka itu akan terjadi jadi agak sedikit terkejut. Tidak shock. Kami sudah memperkirakannya. Pada situasi itu, kami lebih memperkirakan sesuatu yang buruk terjadi dan seseorang akan terluka," imbuhnya seperti dikutip Science World Report, Sabtu (30/11/2013).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Video di Youtube di atas diunggah oleh biolog Johan Johanse, dan telah dilihat lebih dari 2.660.000 orang.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.