Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Surono: Aktivitas Merapi Seharusnya Diwaspadai

Kompas.com - 18/11/2013, 21:03 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis


KOMPAS.com — Pakar vulkanologi dan mantan Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Surono, mengatakan bahwa situasi Merapi saat ini seharusnya diwaspadai.

Dihubungi Kompas.com, Senin (18/11/2013), Surono mengatakan, Merapi perlu diwaspadai karena sistem Merapi yang kini terbuka dan frekuensi hujan yang makin sering.

"Merapi sekarang sudah tidak punya topi," ucapnya untuk menggambarkan terbongkarnya kubah lava Merapi setelah letusan besar tahun 2010.

Sistem Merapi yang terbuka karena tak punya kubah lava menyebabkan interaksi antara air permukaan dan magma lebih mudah.

"Dengan sistem terbuka, air hujan mudah masuk, berinteraksi dengan magma panas, tekanan tinggi memicu letusan freatik," urai Surono.

Ditambah dengan situasi cuaca yang kini sudah memasuki musim hujan, interaksi antara magma dan air permukaan akan lebih besar.

"Terlebih lagi, Merapi ini kan gunung yang banyak menjadi tujuan wisata minat khusus, ada banyak orang yang ke sana," ungkapnya.

Menurut Surono, aktivitas Merapi saat ini "harus diwaspadai."

Surono mengatakan, letusan freatik yang mencapai 2.000 meter bagi Merapi, yang kini merupakan sistem terbuka, tergolong istimewa.

Menurut Surono, pengambilan keputusan tentang status gunung berapi seharusnya mempertimbangkan kepentingan masyarakat.

"Subyeknya bukan gunung apinya, melainkan masyarakatnya," kata Surono.

"Lebih baik meningkatkan status menjadi Siaga atau Awas, tetapi letusan tidak terjadi daripada mendiamkan tetapi nanti kecolongan," tambahnya.

Surono menuturkan, Merapi saat ini sudah tidak sama dengan Merapi pada tahun 2006 ataupun 2010, jadi cara pandang terhadap Merapi juga harus berubah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com