Rilis Satu Foto, NASA Tunjukkan 7 Benda Langit Sekaligus

Kompas.com - 13/11/2013, 19:08 WIB
Foto hasil jepretan Cassini yang dirilis NASA menunjukkan 7 benda langit sekaligus. Posisi benda langit sebenarnya adalah yang ada di lingkaran. Gambar pada kotak adalah hasil perbesaran. NASAFoto hasil jepretan Cassini yang dirilis NASA menunjukkan 7 benda langit sekaligus. Posisi benda langit sebenarnya adalah yang ada di lingkaran. Gambar pada kotak adalah hasil perbesaran.
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com — Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat  merilis citra hasil tangkapan wahana Cassini saat memotret Bumi dari Saturnus pada 19 Juli 2013.

Foto tersebut akhirnya tak cuma memotret Bumi, tetapi juga sejumlah tujuh benda langit yang ada di Tata Surya.

Dalam foto di atas tampak yang paling besar adalah Saturnus, planet gas raksasa kedua terbesar di Tata Surya, beserta cincinnya.

Pada bagian kiri dan bawah terdapat dua bulan Saturnus, yaitu Enceladus dan Tethys. Keduanya tampak diiluminasi oleh Saturnus.

Sementara itu pada bagian bawah kanan terdapat Bumi. Planet rumah kita tersebut tampak seperti titik biru.

Di bagian atas kanan terdapat bulan Saturnus lain, Mimas. Adapun di bagian atas kiri terdapat Mars dan Venus.

Foto ini dihasilkan dari proyek The Day The Earth Smile yang dipimpin oleh Carolyn Porco, ilmuwan Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA).

Salah satu tujuan proyek tersebut adalah mengulang kembali kesuksesan wahana Voyager 1 dalam memotret Bumi dari Saturnus pada tahun 1990, menghasilkan foto Bumi legendaris yang disebut "Pale Blue Dot".

Foto yang dirilis NASA ini merupakan hasil pemrosesan dari 323 citra yang dijepret wahana antariksa Cassini.

Porco, seperti dikutip Examiner, Selasa (12/11/2013), mengatakan, "Saya harap di masa depan, ketika orang melihat lagi foto ini, mereka akan mengingat momen di mana, segila yang mungkin tampak, mereka ada di sana, mereka sadar, dan mereka tersenyum."

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X