Kompas.com - 06/11/2013, 22:58 WIB
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com — Riset terbaru mengungkap dua fakta mengejutkan tentang kematian raja Mesir Kuno, Tutankhamun atau Raja Tut yang masih berusia 17 tahun ketika tewas.

Ada dua fakta yang mengejutkan para ilmuwan. Pertama, mayat Raja Tut yang memerintah Mesir dari tahun 1332 - 1323 SM terbakar di sarkofagus setelah proses mumifikasi. Kedua, Raja Tut mungkin mati akibat kecelakaan.

Chris Nauton, pakar sejarah Mesir Kuno dan direktur Egypt Exploration Society, mulai melakukan investigasi setelah menemukan referensi dugaan terbakarnya mayat Raja Tut dari catatan Howard Carter, ilmuwan yang menemukan kuburan raja Tut.

Lewat riset, Nauton menemukan bahwa berdasarkan analisis sinar X dan mikroskop elektron, tubuh Raja Tut memang terbakar.

Sebab terbakar, seperti diberitakan Foxnews, Senin (4/11/2013), adalah minyak yang digunakan untuk pembalsaman yang merendam dan kemudian bereaksi dengan oksigen. Komponen itu bereaksi sehingga "memasak" tubuh Raja Tut pada suhu yang sangat tinggi, hingga 200 derajat celsius.

"Di samping semua perhatian yang ditujukan pada mumi Tut selama bertahun-tahun, kondisi aneh pada mumi sepertinya tak begitu diperhatikan," ungkap Naunton.

"Hangusnya tubuh dan kemungkinan proses mumifikasi memicu pembakaran segera setelah penguburan adalah sesuatu yang sangat tak terduga," imbuhnya.

Untuk mengungkap sebab kematian, Naunton melakukan otopsi virtual. Terungkap, kematian Raja Tut memang terjadi akibat kecelakaan. Menurut Livescience, Senin, kecelakaan menyebabkan hancurnya tulang rusuk dan pinggul.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
STAND UP COMEDY INDONESIA
Stand Up Wendi: Baru Pertama Ketemu Pramugari, Udah Diminta Pertanggungjawaban | SUCI Playground
Stand Up Wendi: Baru Pertama Ketemu...
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.