Kompas.com - 01/11/2013, 15:36 WIB
Pus sperma terdampar di Tampa Bay, Florida. Paus sperma ini terpaksa di-euthanasia. CBS12Pus sperma terdampar di Tampa Bay, Florida. Paus sperma ini terpaksa di-euthanasia.
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com — Para ahli terpaksa menyuntik seekor paus sperma yang terdampar di Tampa, Florida, pada Kamis (31/10/2013).

Paus sperma jarang terdampar atau berada di wilayah dekat pantai. Paus sperma yang terdampar kemarin tampak kurus.

Karena ukuran paus sperma yang besar dan dianggap tak mampu bertahan hidup, ahli kesehatan hewan dari University of Florida terpaksa memberikan suntik mati.

Untuk menyuntik mati, para ahli memberikan obat penenang lebih dulu. Selanjutnya, mereka menyuntikkan obat ke rongga dada paus sperma dengan alat suntik sepanjang 1,8 meter.

"Meski sangat besar dan menakutkan, ini adalah langkah yang sangat berperikemanusiaan," kata Erin Fougeres, pakar mamalia laut dari National Oceanic and Atmospheric Administration, seperti dikutip CNN, Jumat (1/11/2013).

Fougeres menambahkan, teknik eutanasia itu telah digunakan pada hewan-hewan lain sebelum ke paus berukuran besar.

Paus yang disuntik mati kemudian ditarik. Pada Jumat ini, ilmuwan berencana mengotopsinya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X