Kompas.com - 29/10/2013, 14:29 WIB
|
EditorYunanto Wiji Utomo

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatoilkogi, dan Geofisika (BMKG) mengajak masyarakat untuk mewaspadai hujan deras disertai angin kencang dan petir sepanjang masa transisi musim kemarau ke hujan.

Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG, Mulyono Prabowo, mengungkapkan bahwa wilayah yang wajib mewaspadai adalah yang sudah memasuki transisi musim kemarau ke hujan, diantaranya bagian utara barat Indonesia serta Jawa bagian barat.

Pada wilayah tersebut, hujan cenderung terjadi pada siang hingga sore hari. Hal itu terkait dengan pola pemanasan Matahari pada pagi hari yang meningkatkan intensitas pembentukan awan. Pada siang hari, awan terkumpul sehingga hujan turun.

"Hujan memang diperkirakan punya durasi singkat. Tapi hujan berpotensi deras dan disertai dengan angin kencang dan petir sehingga itu yang harus diwaspadai," kata Mulyono saat dihubungi Kompas.com, Selasa (29/10/2013).

Masyarakat diharapkan berhati-hati dalam berkendara di jalan, mewaspadai pohon tumbang dan jalanan yang licin serta selalu siap membawa perlengkapan yang dibutuhkan saat hujan. Hal lain adalah menjaga kesehatan.

Lebih rinci, Mulyono mengungkapkan bahwa wilayah yang sudah mengalami banyak hujan adalah bagian Sumatera seperti Aceh, Medan hingga Lampung. Untuk Jawa, wilayah yang sudah mengalami banyak hujan adalah bagian barat.

Di wilayah Indonesia bagian tengah dan timur, kata Mulyono, hujan masih sedikit. Namun, wilayah timur bagian selatan, hujan sudah mulai terjadi sehingga petir dan angin kencang juga tetap perlu diwaspadai.

Untuk Selasa hari ini, Kepala Bidang Informasi Publik BMKG Achmad Zakir, mengungkapkan bahwa berdasarkan pantauan BMKG, hujan terjadi di wilayah Aceh, Medan, Palangkaraya, Jakarta, dan Jayapura.

Sementara, untuk hari ini dan Rabu (30/10/2013) besok, mayoritas wilayah Indonesia berpotensi mengalami hujan ringan. Wilayah yang masih diprediksi hanya cerah berawan hanyalah Nusa Tenggara Timur. Hujan sedang diantaranya terjadi di Jakarta, Serang, Bandung, Mataram, dan Palangkaraya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.