Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Youtube Perlihatkan Aksi Pria Terjun dari Stratosfer

Kompas.com - 18/10/2013, 11:20 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis


KOMPAS.com — Lebih kurang setahun lalu, pada 14 Oktober 2012, Felix Baumgartner, seorang skydiver Austria, membuat kejutan bagi dunia dengan terjun dari stratosfer dengan balon udara.

Lewat penerjunan itu, Baumgartner, disponsori oleh Red Bull, memecahkan tiga rekor sekaligus. Rekor pertama, Baumgartner berhasil terjun dari ketinggian penerjunan tertinggi yang pernah dicapai manusia, 39.044 km.

Kedua, Baumgartner menjadi orang pertama yang dengan balon udara, tanpa kendaraan, berhasil terjun menembus kecepatan suara. Kecepatan terjun sekaligus menjadi kecepatan tertinggi, sebesar 1.342 km/jam atau 1,24 kali kecepatan suara.

Berhasil terjun dan memecahkan rekor, Baumgartner mengatakan bahwa ia berharap menghabiskan lebih banyak waktu di langit untuk bisa memahami bagaimana helikopter terbang. Seperti dikutip Discovery, Rabu (16/10/2013), ia juga mengatakan, "Kadang Anda harus pergi ke ketinggian untuk tahu betapa kecilnya Anda."

Kini setelah setahun penerjunan, video yang menyuguhkan sudut pandang yang belum pernah diperlihatkan sebelumnya dari penerjunan Baumgartner dirilis oleh Red Bull di Youtube. Video memperlihatkan kecepatan, gravitasi, ketinggian, dan detak jantung saat penerjunan. Berikut videonya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com