Jahe dan Bawang Putih untuk Melangsingkan?

Kompas.com - 05/10/2013, 12:48 WIB
Bawang putih. SHUTTERSTOCKBawang putih.
EditorWardah Fazriyati
Tanya:
Apakah bawang putih dan jahe juga bisa melangsingkan tubuh? Bagaimana olahan bawang putih dan jahe yang membantu proses tersebut? (Julieta soares de Araujo, 25)

Jawab:
Dear Julieta.

Jahe dikenal sebagai bumbu dapur dan herbal yang telah digunakan bertahun-tahun silam terutama di Asia. Adapun bahan aktif yang terdapat dalam jahe adalah minyak volatile dan senyawa fenol seperti gingerol dan shogaol. Zat aktif ini memberikan efek perbaikan rasa mual, muntah (yang sering menyertai wanita hamil, mabuk kendaraan maupun yang sedang menjalani kemoterapi), osteoarthritis (radang sendi), membantu menurunkan kadar kolesterol dan kekentalan darah. Namun penggunaan jahe sebagai bahan yang dapat melangsingkan tubuh sampai saat ini belum ada penelitian ilmiahnya.

Bawang putih mengandung lebih dari 200 senyawa kimia antara lain minyak volatile, senyawa sulfur (allicin, allin), enzyme, citral, geraniol, saponin, dll. Senyawa ini bekerja bersama untuk memberikan efek menguntungkan bagi kesehatan seperti : meningkatkan daya tahan tubuh, menurunkan kadar lemak darah, mencegah pengentalan darah, aktivitas antioksidan, melindungi sel hati, saraf, dll. Namun sama seperti jahe, penelitian media yang membuktikan bahwa bawang putih dapat melangsingkan tubuh memang belum ada.

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X