Kompas.com - 13/09/2013, 19:38 WIB
Blobfish FlickrBlobfish
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com — Blobfish (Psychrolutes marcidus) dinobatkan sebagai hewan paling buruk rupa oleh Asosiasi Sains Inggris pada Kamis (12/9/2013).

Lebih dari 3.000 orang berkontribusi dalam pemilihan hewan paling buruk rupa itu. Dari sejumlah pemilih, ada 765 suara yang menyatakan bahwa blobfish adalah hewan terburuk.

Diwartakan Physorg, Kamis (12/9/2013), blobfish adalah hewan berwarna merah jambu yang hidup di perairan dalam Pasifik. Hewan ini acap kali menjadi korban aktivitas penangkapan ikan memakai pukat.

Sementara, runner-up hewan terburuk dipegang kakapo, burung beo yang menyerupai burung hantu dari Selandia Baru. Posisi ketiga adalah axolotl, amfibi dari Meksiko yang kadang disebut "walking fish".

Dengan dinobatkannya blobfish sebagai fauna paling buruk rupa, maka spesies itu dinobatkan sebagai maskot Ugly Animal Preservation Society, organisasi yang berpusat di Inggris.

Pemilihan hewan paling buruk rupa tidak bertujuan untuk olok-olok, tetapi untuk meningkatkan kepedulian terhadap hewan yang terancam dan tidak memiliki wajah atau penampilan yang bagus.

Hewan yang punya peran penting bagi lingkungan bukan hanya hewan yang indah dilihat. Mereka yang buruk rupa juga punya peranan penting dalam ekosistem.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X