Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pameran Sains Anak Terbesar di Indonesia Akan Digelar Minggu Depan

Kompas.com - 12/09/2013, 16:37 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Pameran sains anak terbesar akan digelar di Jakarta akhir minggu depan, 20-22 September 2013.

Bernama Kalbe Junior Science Fair (KJSF), pameran itu terselenggara berkat kerja sama PT Kalbe Farma dan PT Pembangunan Jaya Ancol. Pameran akan diadakan di Econvention Ancol.

"Pameran ini bertujuan untuk menyediakan wadah bagi anak-anak untuk belajar sains sekaligus bermain," kata Widjanarko Loka Djaja, Direktur Sales and Marketing Kalbe Farma sekaligus Ketua KJSF, dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (12/9/2013).

"Lewat pameran ini, kami ingin membangun ketertarikan anak-anak pada sains sehingga di masa depan Indonesia punya concern pada sains," imbuh Winarto, Direktur Rekreasi PT Pembangunan Jaya Ancol.

KJSF kali ini merupakan yang ketiga kalinya. Setelah tahun lalu mengambil tema dunia antariksa, tahun ini KJSF mengambil tema maritim.

Dalam KJSF, pengunjung bisa menyaksikan berbagai wahana dari Pusat pengembangan Iptek Taman Mini Indonesia Indah dan lainnya, serta karya anak-anak dalam bidang sains.

Salah satu wahana unggulan adalah Kalbe City. Mengusung konsep dunia bawah laut, Kalbe City memberi kesempatan bagi anak-anak belajar sains kesehatan yang menjadi inti bisnis Kalbe Farma.

Untuk mengunjungi pameran ini, pengunjung tak dipungut biaya. Pameran akan berlangsung dari pukul 9.00-18.00 WIB.

Kegiatan KJSF sebenarnya telah dimulai sejak April lalu lewat program Kalbe Junior Scientist Award yang memberi kesempatan bagi anak-anak untuk unjuk inovasi dalam bidang sains.

Sebanyak 655 yang dikirim oleh anak-anak dari 19 provinsi telah masuk. Kini terpilih 9 karya terbaik untuk dipamerkan.

Pada kesempatan KJSF nanti, pengunjung bisa melihat inovasi anak-anak tersebut. Pengunjung bisa memilih satu inovasi yang dianggap paling baik untuk menjadi pemenang inovasi terfavorit pengunjung.

Bagian lain dari KJSF adalah Kalbe Junior Science Competition yang menantang anak-anak untuk berkompetisi dalam bidang petualangan sains, matematika, robotika, dan komputer.

Pendaftaran mengikuti kompetisi itu masih dibuka. Ditargetkan, kompetisi mampu menjaring 3.000 peserta. Kompetisi akan diadakan bersamaan dengan saat pameran.

KJSF sendiri ditargetkan mampu menjaring 75.000 pengunjung. Pameran ini menjadi pameran sains terbesar di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com