Kompas.com - 10/09/2013, 10:20 WIB
Spesies belut berwajah alien ditemukan di Danau Taihu, China. REX/HAP/Quirky China NewsSpesies belut berwajah alien ditemukan di Danau Taihu, China.
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com — Spesies belut langka dijumpai di China. Belut tersebut memiliki wajah mirip dengan gambaran alien di film fiksi ilmiah.

Hewan berwajah mengerikan tersebut ditemukan di Danau Taihu di Yixing, Provinsi Jiangshu, wilayah timur China.

Dalam pemberitaan di situs Daily Mail, Senin (9/9/2013), tidak dijelaskan siapa dan kapan waktu tepatnya fauna itu ditemukan.

Belut yang ditemukan bukan jenis baru. Belut ini dikenal sebagai pemakan ikan kecil, Crustacea, dan invertebrata lainnya.

Dalam hidupnya, belut ungu goby tersebut bisa berenang sejauh 100 kilometer. Belut ini juga mampu hidup di luar lingkungan perairan selama beberapa saat dengan bantuan organ bernama rongga bronkus.

Ukuran fauna ini bisa mencapai 30 cm. Belut ini merupakan golongan hewan amphidromous, bereproduksi di air tawar, tetapi menghabiskan waktu hidupnya di laut. Umur hewan ini cuma beberapa bulan.

Penemuan hewan ini di wilayah danau sebenarnya tak biasa. Pasalnya, belut ungu ini biasanya ditemukan di muara atau laut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Satwa ini tak cuma bisa ditemukan di China, tetapi juga tersebar di Afrika bagian timur, India, Australia, Jepang, Banglades, Papua Niugini, dan Kaledonia Baru.

Belut goby merupakan golongan hewan yang disebut Amblyopinae. Golongan ini terdiri atas 23 spesies. Tidak disebutkan, spesies apa yang ditemukan di China.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.