Kompas.com - 02/09/2013, 22:01 WIB
Henry VII dan Anne Boleyn, satu dari sekian cerita romansa dengan raja tapi berakhir tragis IMAGNO Brandstätter Images/Getty Images (kiri), Universal History Archive/Getty Images (kanan)Henry VII dan Anne Boleyn, satu dari sekian cerita romansa dengan raja tapi berakhir tragis
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com — Seorang raja kadang merasakan enaknya berkuasa. Namun, terkadang menjadi kekasih seorang raja menjadi malapetaka bagi perempuan, seperti dialami beberapa perempuan cantik yang menjalin cinta dengan seorang penguasa.

Bukanlah kebahagiaan yang didapat, justru nyawa hilang di ujung senapan hingga kematian menjemputnya. Nasib tragis teranyar (tetapi masih simpang siur) dialami oleh mantan kekasih pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, yaitu Hyon Song Wol, yang dieksekusi mati oleh regu tembak pada Selasa (20/8/2013).

Hyon Song Wol diketahui adalah seorang penyanyi populer dengan lagunya yang berjudul "Excellent Horse-Like Lady". Song Wol yang juga diketahui sebagai salah satu anggota kelompok Unhasu Orchestra dan Wangjaesan Light Music Band ditangkap dan dieksekusi oleh polisi negara karena tuduhan melanggar undang-undang pornografi.

Meski demikian, sulit mengetahui secara persis apakah pembunuhan itu benar-benar terjadi karena laporan media Korea Selatan, Chosun Ilbo, menampilkan narasumber anonim dan tidak ada media lain yang secara independen menguatkan. Chosun Ilbo menulis bahwa "Kim Jong Un telah kejam menghilangkan siapa saja yang dianggap sebagai hambatan bagi kekuasaannya".

Hubungan berbahaya

Kisah tragis asmara antara penguasa dan sang kekasih memang kerap kali terjadi. Nero, Kaisar Romawi (54-68 Masehi), dilaporkan pernah memerintahkan untuk membunuh ibunya, meracuni saudara tirinya, membuang istri pertamanya, dan membuat istri keduanya meninggal dunia.

Claudius, pendahulu Nero, pernah menikah sebanyak empat kali. Ia membunuh istri ketiganya, Valeria Messalina. Messalina ia sebut sebagai istri yang kejam, ganas, dan tidak pernah puas secara seksual. Namun, reputasi buruk mengenai Messalina telah ditentang oleh sejarawan modern, yang menyatakan tuduhan tersebut dibuat-dibuat untuk memuluskan jalan anak-anak Claudius dalam memegang tampuk kekaisaran.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Nasib naas menjadi kekasih penguasa tak hanya berlaku bagi perempuan, sebaliknya terjadi juga pada laki-laki. Cleopatra, Ratu Mesir, menikahi beberapa saudara laki-lakinya, termasuk Ptolemy XIV. Kemudian, Cleopatra meracuni Ptolemy XIV agar keponakannya dan saudara laki-lakinya, Ptolemy XV Caesarion, dapat naik takhta.

Paling fenomenal merupakan kisah asmara Raja Henry VIII, yang memiliki enam istri. Kisah cinta Henry VIII dari keenam istri tersebut layaknya alur cerita sinetron, mulai dari istri pertama hingga keenam: bercerai, dipenggal, meninggal, bercerai, dipenggal, selamat. Anne Boleyn dan Catherine Howard, yang merupakan istri kedua dan kelima dari Raja Henry VIII, mengakhiri hidup mereka di ujung sebilah pisau guillotine karena dituduh melakukan perselingkuhan. (Melody Kramer/National Geographic Indonesia)



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X