Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Board Game" Serupa Catur Diduga Dimainkan sejak Zaman Perunggu

Kompas.com - 20/08/2013, 19:40 WIB

KOMPAS.com — Berbagai permainan yang menggunakan papan dan pion, seperti catur, ular tangga, dan monopoli, sudah sering dijumpai dalam kehidupan masyarakat di masa sekarang. Namun, benarkah permainan sejenis juga telah dikenal oleh masyarakat dari zaman perunggu?

Haluk Saglamtimur dari Ege University di Izmir, Turki, dan rekannya menemukan 49 pion dalam penggalian yang dilakukan pada situs Basur Hoyuk, sebuah situs yang terletak di sebelah tenggara Turki.

Pion-pion ini diduga merupakan perangkat yang digunakan untuk sebuah permainan menggunakan papan. Jika dugaan mereka benar, maka pion ini merupakan penemuan tertua dari permainan sejenis yang pernah ada.

Pion yang ditemukan terbuat dari batu. Semuanya ditemukan secara bersamaan dalam satu kelompok. Beberapa pion diukir menyerupai babi dan anjing, sedangkan sebagian lainnya memiliki bentuk yang lebih sederhana serupa piramida dan bentuk peluru.

Saglamtimur memaparkan temuannya dalam pertemuan tahunan International Symposium of Excavations, Surveys and Archaeometry yang diadakan di Mugla, Turki. Saglamtimur berpendapat bahwa pion-pion tersebut merupakan bagian dari sebuah permainan sejenis catur. Ia dan timnya kini tengah mempelajari strategi yang digunakan dalam permainan tersebut.

Penemuan ini menarik, tetapi Ulrich Schadler, Direktur Swiss Museum of Games di La Tour-de-Peilz, meragukan kesimpulan Saglamtimur. "Apakah benda-benda itu akan digunakan dalam satu buah permainan? Saya akan menjawab tidak."

Schadler menambahkan bahwa para peneliti tidak pernah menemukan jejak atas keberadaan permainan papan yang menggunakan lebih dari dua benda berbeda sebelum catur. Sementara permainan catur sendiri baru mulai dimainkan pada 1.500 tahun yang lalu.

"Kita tidak mengetahui banyak hal mengenai permainan papan pada era perunggu," ujarnya seperti dikutip New Scientist, Jumat (16/8/2013).

Beberapa perangkat permainan masa perunggu pernah ditemukan sebelumnya, di antaranya permainan Sener berusia 5.500 tahun dari Mesir dan permainan bernama Royal Game of Ur yang pernah dimainkan di Mesopotamia sekitar 4.500 tahun yang lalu. Keduanya memiliki cara permainan yang relatif sederhana, yaitu para pemain hanya perlu mengelilingi papan dan mencapai suatu titik secepat mungkin.

Schadler berpendapat bahwa pion-pion yang ditemukan Saglatimur mungkin memiliki cara permainan yang mirip dengan permainan yang pernah ditemukan sebelumnya. "Pion berbentuk piramida menyerupai dadu yang digunakan pada Royal Game of Ur," katanya. (Dyah Arum Narwastu)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com