Brokoli dan Kedelai Buruk bagi Tiroid?

Kompas.com - 12/08/2013, 10:31 WIB
Kandungan protein dan serat dalam kedelai bisa membantu menurunkan berat badan. SHUTTERSTOCKKandungan protein dan serat dalam kedelai bisa membantu menurunkan berat badan.
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Brokoli dan kedelai adalah dua pangan nabati yang identik dengan kesehatan. Tetapi banyak juga yang percaya kedua bahan pangan itu justru harus dihindari karena bisa mengganggu fungsi tiroid.

Brokoli, kedelai, serta sayuran kubis diketahui mengandung goitrogens, zat yang bisa memperlambat produksi hormon tiroid. Goitrogens akan mengganggu tiroid karena menghambat iodin, mineral yang penting untuk produksi hormon tiroid.

Padahal, meski ukurannya kecil, tetapi kelenjar tiroid memiliki fungsi yang besar, terutama dalam hal metabolisme dan fungsi kecepatan tubuh. Ia mengatur dari seberapa cepat jantung berdenyut hingga seberapa cepat kalori tubuh dibakar.

Tetapi Anda tak perlu memusuhi brokoli dan kedelai. Karena jika Anda tidak menderita gangguan tiroid, konsumsi sayuran tersebut tidak berpengaruh banyak. Apalagi jika kita cukup mengonsumsi iodin dari garam, goitrogens tidak akan berpengaruh besar.

Selain itu, proses pemasakan baik itu mengukus atau merebus brokoli, kedelai, kubis, dan sayuran lain, akan menonaktifkan goitrogens.

Lain halnya jika Anda sudah menderita gangguan tiroid. Konsumsi sayuran yang mengandung goitrogens bisa menyebabkan hipotiroid atau tiroid kurang aktif.

Gejala hipotiroid antara lain kelelahan dan rasa malas, denyut jantung lambat, meningkatnya berat badan tanpa sebab yang jelas, sembelit, depresi, hingga meningkatkan kadar kolesterol darah.

Sumber LiveStrong