Terungkap, Ternyata Buaya Juga Doyan Buah - Kompas.com

Terungkap, Ternyata Buaya Juga Doyan Buah

Kompas.com - 01/08/2013, 12:49 WIB
SHUTTERSTOCK Memancing buaya dengan daging di Sungai Adelaide Cruise, Australia Utara.

KOMPAS.com — Buaya selama ini dikenal sebagai hewan karnivora. Namun, fakta terbaru menemukan bahwa 13 dari 23 spesies buaya ternyata doyan buah.

Diberitakan News Sciencist, Selasa (30/7/2013), laporan mengenai kegemaran buaya memakan buah sebenarnya sudah mencuat sejak satu dekade ini.

"Namun karena buaya sudah sejak lama dianggap sebagai karnivora, tidak banyak orang yang memperhatikannya," ujar Thomas Rainwater dari US Fish and Wildlife Service di Charleston, Carolina Selatan.

Pada sebuah analisis rutin yang dilakukan terhadap buaya Amerika (Alligator mississippiensis) yang tinggal di Taman Nasional Everglades, Florida, Rainwater dan rekannya menemukan sebuah "kolam apel" di dalam perut buaya.

Meski begitu, pro kontra mengenai buaya yang merupakan pemakan buah aktif atau tidak aktif masih terus terjadi. Apalagi, buaya adalah binatang yang penuh rahasia dan sering kali mencari mangsa di malam hari.

Beberapa pihak berpendapat, mungkin saja temuan tersebut terjadi karena buaya memangsa hewan yang baru saja memakan buah. Dengan demikian, isi perut mangsanya turut berada di perutnya. Bukti mengenai buah yang dikonsumsi buaya juga masih menimbulkan perdebatan.

Tahun lalu, seorang peneliti dari Asia Tenggara melihat seekor buaya siam melahap semangka. Seperti batu yang berfungsi untuk membantu pencernaan pada tembolok burung, biji dari beberapa buah mungkin juga berfungsi untuk membantu mencerna daging yang mereka makan

Buaya berkeliaran dan berenang di daerah yang luas sehingga mungkin saja kotoran buaya yang mengandung biji dapat berfungsi dalam penyebaran benih. Ini menguntungkan bagi tanaman yang buahnya dimakan buaya.

"(Tapi) Sejauh yang kami tahu, tidak ada tanaman yang secara khusus bergantung pada buaya sebagai agen penebaran benih. Namun, mengingat jumlah biji yang ditemukan dalam perut buaya, kami menduga mereka mungkin penting bagi beberapa spesies tanaman di lahan basah," ujar Rainwater.

Tindakan penyebaran benih oleh reptil dikenal dengan istilah saurochory. Selama ini saurochory memang jarang diperhatikan oleh para peneliti.

Carlos Herrera dari Donana Biological Station di Seville, Spanyol, mengatakan, temuan bahwa buaya memakan buah masuk akal.

"Hampir semua vertebrata pernah ditemukan menelan benih tanaman pada satu waktu atau beberapa waktu, baik disengaja maupun tidak," tambahnya. (Dyah Arum Narwastu)


EditorYunanto Wiji Utomo

Close Ads X