Kompas.com - 31/07/2013, 19:02 WIB
Blobfish FlickrBlobfish
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com — Tak banyak yang manusia tahu tentang spesies hewan di muka Bumi. Kebanyakan yang diketahui manusia hanyalah hewan-hewan yang lucu, erat dengan keseharian, serta hewan-hewan yang terancam punah.

Tahukah bahwa Bumi juga menyimpan makhluk-makhluk yang dalam persepsi manusia dianggap aneh? Berikut adalah enam hewan teraneh di muka Bumi seperti disusun oleh all-that-is-interesting.com. Apa saja mereka? Simak uraiannya berikut ini.

Aye-aye

AOL Aye-aye

Aye-aye adalah hewan malam yang hanya dapat ditemukan di Pulau Madagaskar. Hewan ini hidup hingga ketinggian 700 meter di atas permukaan tanah.

Aye-aye hidup dengan memakan serangga yang biasanya tersembunyi di dalam dahan pohon. Untuk mendapatkan makanannya ini, aye-aye dapat melakukan perjalanan sejauh 2,5 mil.

Aye-aye akan "mengetuk" dahan hingga delapan kali per detik untuk mencari sarang serangga. Dengan menggunakan jarinya yang kurus dan panjang, ia akan menggapai dan segera memakan serangga tersebut.

Selain kondisi jarinya yang panjang dan kurus, mata yang dimiliki aye-aye juga menjadi satu hal yang membuatnya tampak aneh. Dalam beberapa budaya, aye-aye sering kali dianggap sebagai pembawa kematian.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kumbang jerapah

Sublime Creature Kumbang Jerapah

Kumbang jerapah, hewan aneh yang lagi-lagi berasal dari Madagaskar. Hewan ini memperoleh namanya dari "leher" panjang yang sekilas mirip jerapah.

Bagi kumbang jantan, leher ini berfungsi untuk berkelahi dan memperebutkan betinanya. Sedangkan bagi kumbang betina, leher panjang akan digunakan untuk membangun sarang untuk telurnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X