Jamur Raksasa Seberat 15 Kg Ditemukan di China

Kompas.com - 31/07/2013, 08:04 WIB
Jamur monster ditemukan di Jianshui County, Yunnan, China. Jamur itu punya berat hingga 15 kilogram. LivescienceJamur monster ditemukan di Jianshui County, Yunnan, China. Jamur itu punya berat hingga 15 kilogram.
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com — Jamur raksasa yang belum diketahui jenisnya ditemukan di Yunnan, China, sebuah wilayah yang bisa dikatakan sebagai "Kerajaan Jamur" karena memiliki 600 spesies jamur yang bisa dimakan.

Jamur yang ditemukan disebut juga jamur "monster" karena memiliki ukuran yang besar. Bagian atas jamur berdiameter 93 sentimeter, sementara beratnya mencapai 15 kilogram.

Livescience, Selasa (30/7/2013) melaporkan, jamur yang ditemukan ini mungkin tidak bisa dimakan karena beracun.

Meski demikian, bukan tidak mungkin jamur ini mampu memberikan manfaat. Banyak spesies jamur di dunia yang diketahui memiliki potensi medis.

Meski digolongkan berukuran besar, jamur ini tak bisa dikatakan jamur yang terbesar. Di Oregon, Amerika Serikat, ada jamur madu (Armillaria ostoyae) yang ukurannya jauh lebih besar.

Tahun 1998, jamur madu ditemukan tumbuh di bawah tanah Oregon. Spesimen itu setidaknya mencakup wilayah 965 hektar dan berusia 2.400 tahun.

Bukan hanya dinobatkan sebagai jamur terbesar, jamur madu juga bisa dikatakan sebagai makhluk hidup terbesar.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X