Kompas.com - 24/07/2013, 18:06 WIB
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com — "Royal Baby" yang dinanti-nanti telah lahir dan terungkap bahwa jenis kelamin bayi itu adalah laki-laki. Bagi William dan Kate serta Kerajaan Inggris, jenis kelamin bayi yang laki-laki itu mungkin kabar baik, tapi bagi ilmuwan itu mungkin kabar buruk.

Prediksi jenis kelamin "Royal Baby" telah muncul sejak seminggu sebelum kelahiran. Beberapa ilmuwan memprediksi bahwa William dan kate akan memiliki anak perempuan. Namun, prediksi itu ternyata meleset.

Sebelumnya, Fiona Matthews, Direktur Program Bioscience and Animal Behavior di University of Exeter, seperti dikutip CNN, 3 Juli 2013, mengatakan, "Sepertinya kesetimbangan akan miring dan bayi yang lahir akan perempuan."

Matthews mengungkapkan bahwa di dunia, jumlah bayi laki-laki yang lahir lebih banyak dari bayi perempuan. Dikatakannya, ada 105 hingga 106 bayi laki-laki di setiap 100 kelahiran bayi perempuan.

Matthews yang pernah meneliti asupan nutrisi pada 740 perempuan di dunia mengatakan bahwa jika perempuan hamil mengonsumsi lebih banyak kalori pada awal kehamilannya, maka bayi yang lahir akan cenderung laki-laki.

Menurut Matthews, embrio bayi laki-laki akan mengalami tingkat perkembangan lebih cepat sehingga membutuhkan kalori lebih banyak. Dari tubuh ibu, bisa diketahui bahwa bila tubuh mengalami pertambahan berat badan lebih banyak, maka bayi akan laki-laki.

"Apa yang kami dapatkan adalah bila kondisi memungkinkan, maka embrio laki-laki akan survive dan terus berkembang. Namun, bila kondisi lebih sulit dan asupan nutrisi kurang, cuma embrio perempuan yang bisa survive," kata Matthews.

Matthews mengatakan, stres juga bisa memengaruhi jenis kelamin bayi. Dalam situasi bencana atau bila perempuan memiliki pekerjaan yang punya tekanan tinggi, bayi yang lahir akan cenderung perempuan.

Pekerjaan ayah pun bisa menentukan jenis kelamin bayi. Studi tahun 1999 yang diterbitkan di Norsk Epidemiologi menyatakan bahwa proporsi pilot militer yang punya anak laki-laki lebih sedikit, walau bukan berarti tak ada pilot militer yang punya anak laki-laki.

Sementara itu, sepasang suami istri akan cenderung memiliki anak laki-laki jika mereka adalah seorang miliuner, terutama bila yang merupakan miliuner adalah suami. Tidak tahu William masuk dalam kategori ini walaupun jelas bahwa keluarga Kerajaan Inggris kaya raya.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.