Kompas.com - 19/07/2013, 19:48 WIB
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com — Sejumlah wahana antariksa berhasil memotret Bumi dari jarak ratusan hingga jutaan kilometer jauhnya. Foto-foto yang dihasilkan sangat memukau. Bumi tampak lebih spektakuler dibandingkan dengan yang dilihat manusia dalam kesehariannya.

Di antara banyak foto-foto Bumi yang dihasilkan, ada sembilan foto yang bisa dianggap paling spektakuler. Apa saja foto-foto itu? Berikut daftarnya.

Pale Blue Dot

NASA Pale Blue Dot

Foto Bumi ini bisa dikatakan sebagai yang paling mengagumkan. Foto diambil pada tahun 1990 dengan wahana antariksa Voyager 1 dari jarak 6 miliar kilometer. Dalam foto tersebut, Bumi tampak sebagai bintik biru kecil berukuran 0,12 piksel. Voyager diluncurkan tahun 1977 dan kini diklaim telah meninggalkan tata surya.

Spot the Dot

NASA Spot the Dot

Foto ini diambil oleh wahana antariksa Cassini yang mengorbit Saturnus sejak tahun 2004. Dalam foto yang diambil tahun 2006 itu, Bumi tampak sebagai bintik putih yang seolah-olah berada di dalam cincin Saturnus. Bersama potret Bumi ini, Cassini berhasil menguak cincin Saturnus yang sebelumnya tak diketahui.

Foto Bumi pertama dari antariksa

NASA Wajah Bumi pertama dilihat dari antariksa

Foto Bumi pertama dari antariksa diambil oleh wahana Lunar Orbiter 1 pada 23 Agustus 1966. Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menolehkan sejenak wahana tersebut khusus untuk memotret Bumi. Bumi dalam foto ini diambil dari Bulan, jauh dari indah, tampak kasar dan buram.

Bumi terbit dilihat dari Bulan

NASA Pemandangan Bumi Terbit dilihat dari Bulan

Pemandangan Bumi yang terbit dari Bulan diambil oleh kru misi Apollo 8 pada tahun 1968. Bumi hanya tampak separuh, tetapi menampakkan kebiruannya. Misi yang sama menayangkan untuk pertama kali siaran tentang permukaan Bulan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.