Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/07/2013, 15:26 WIB
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com — Tak cuma dari Saturnus, Jumat (19/7/2013) hari ini dan Sabtu (20/7/2013) besok, Badan Penerbangan Antariksa Amerika Serikat (NASA) juga akan memotret Bumi dari Merkurius.

Pemotretan Bumi dari Merkurius akan dilakukan oleh wahana antariksa Mercury Surface, Space Environment, Geochemistry, and Ranging (Messenger) yang kini tengah mengorbit planet tersebut.

Dikutip dari keterangan di situs web NASA, Kamis (18/7/2013), pemotretan dimungkinkan karena secara kebetulan Messenger yang tengah mencari satelit Merkurius sedang menghadap Bumi.

Pemotretan Bumi dari Merkurius nantinya akan dilakukan sekitar pukul 18.49, 19.30, dan 20.41 WIB, baik pada hari Jumat maupun Sabtu.  

Khusus untuk pemotretan Bumi dari Saturnus yang akan dilakukan oleh wahana antariksa Cassini, NASA membuat kampanye Wave at Saturn, meminta publik melambaikan tangan ke Saturnus seolah-olah sedang dipotret juga.

Mengingat adanya Messenger yang juga akan memotret Bumi dari Merkurius, ada baiknya bila juga melambaikan tangan ke planet terdekat dari tata surya itu.

Menurut NASA, Messenger akan menampilkan wajah Bumi yang tak bisa ditampilkan oleh Cassini, yakni wilayah Asia Tengah, Eropa, dan Timur Tengah.

Messenger adalah wahana NASA yang mulai mengorbit Merkurius pada 17 Maret 2011. Wahana ini bertugas menguak misteri lingkungan Merkurius.

Meski baru dua tahun mengorbit, Messenger telah mampu menyuguhkan fakta menarik tentang Merkurius. Messenger membuktikan bahwa Merkurius juga punya kawah tumbukan dan bahkan es.

Beberapa citra Bumi dari jarak miliaran kilometer telah dihasilkan. Seperti apa wajah Bumi bila dilihat dari Merkurius nanti? Apakah juga akan tampak biru? Kita tunggu saja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+