Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini dan Besok, Bumi Juga Bakal Difoto dari Merkurius

Kompas.com - 19/07/2013, 15:26 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

KOMPAS.com — Tak cuma dari Saturnus, Jumat (19/7/2013) hari ini dan Sabtu (20/7/2013) besok, Badan Penerbangan Antariksa Amerika Serikat (NASA) juga akan memotret Bumi dari Merkurius.

Pemotretan Bumi dari Merkurius akan dilakukan oleh wahana antariksa Mercury Surface, Space Environment, Geochemistry, and Ranging (Messenger) yang kini tengah mengorbit planet tersebut.

Dikutip dari keterangan di situs web NASA, Kamis (18/7/2013), pemotretan dimungkinkan karena secara kebetulan Messenger yang tengah mencari satelit Merkurius sedang menghadap Bumi.

Pemotretan Bumi dari Merkurius nantinya akan dilakukan sekitar pukul 18.49, 19.30, dan 20.41 WIB, baik pada hari Jumat maupun Sabtu.  

Khusus untuk pemotretan Bumi dari Saturnus yang akan dilakukan oleh wahana antariksa Cassini, NASA membuat kampanye Wave at Saturn, meminta publik melambaikan tangan ke Saturnus seolah-olah sedang dipotret juga.

Mengingat adanya Messenger yang juga akan memotret Bumi dari Merkurius, ada baiknya bila juga melambaikan tangan ke planet terdekat dari tata surya itu.

Menurut NASA, Messenger akan menampilkan wajah Bumi yang tak bisa ditampilkan oleh Cassini, yakni wilayah Asia Tengah, Eropa, dan Timur Tengah.

Messenger adalah wahana NASA yang mulai mengorbit Merkurius pada 17 Maret 2011. Wahana ini bertugas menguak misteri lingkungan Merkurius.

Meski baru dua tahun mengorbit, Messenger telah mampu menyuguhkan fakta menarik tentang Merkurius. Messenger membuktikan bahwa Merkurius juga punya kawah tumbukan dan bahkan es.

Beberapa citra Bumi dari jarak miliaran kilometer telah dihasilkan. Seperti apa wajah Bumi bila dilihat dari Merkurius nanti? Apakah juga akan tampak biru? Kita tunggu saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com