Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/07/2013, 22:16 WIB
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com — Matematikawan Duncan Forgan dan Arwen Nicholson mengklaim bahwa alien sebenarnya telah mengirimkan wahana antariksanya dan saat ini telah berada di Tata Surya. Menurut keduanya, manusia saja yang masih terbatas sehingga tak bisa melihatnya.

Kedua matematikawan tersebut mendasarkan pendapatnya pada pandangan pakar antariksa Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA), Robert Feita, yang pada tahun 1983 menyatakan bahwa alien sengaja mendesain wahananya agar tak tampak oleh penginderaan manusia.

Dalam makalahnya di International Journal of Astrobiology, kedua peneliti tersebut menguraikan bagaimana wahana milik alien bergerak di antariksa serta kecanggihannya dibandingkan dengan wahana yang dibuat manusia saat ini. Kata mereka, wahana Voyager yang kini sampai di tepian Tata Surya belum ada apa-apanya dengan wahana alien.

Dua peneliti tersebut, seperti diberitakan Daily Mail, Kamis (17/7/2013), mengatakan bahwa wahana alien telah dibekali kemampuan untuk "mereplikasi diri" dengan bantuan debu dan gas di antariksa. Dan, wahana alien itu sudah ada di Tata Surya.

Manusia mungkin tak percaya bahwa ada wahana alien sudah dekat. Namun, ketidakpercayaan itu lebih disebabkan karena manusia memang belum pernah atau belum mampu untuk melihatnya. padahal, wahana itu sudah eksis dalam waktu yang lama.

Menurut matematikawan tersebut, wahana milik alien tersebut mampu bergerak dengan kecepatan 10 persen dari kecepatan cahaya untuk mengeksplorasi galaksi Bimasakti dalam 10 juta tahun. Untuk bergerak, wahana itu dibantu oleh energi dari gerak bintang. Energi bintang membantu meningkatkan kecepatan.

Prediksi ilmuwan ini mungkin terdengar seperti fiksi ilmiah. Namun, keduanya melakukan perhitungan matematis dengan komputer untuk memaparkannya. Walaupun demikian, belum diketahui mengapa wahana alien itu belum juga benar-benar menampakkan diri kepada banyak orang di Bumi.

Pendapat bahwa wahana alien sudah ada di Tata Surya bukan baru pertama kali dilontarkan. Tahun 2011, Jacob Haqq-Misra dari Rock Ethics Institute mengatakan bahwa wahana alien memang sudah ada di Tata Surya. Manusia tak mengetahui hal ini karena memang belum berusaha keras menemukannya. (Dyah Arum Narwastu)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com