Kompas.com - 17/07/2013, 20:37 WIB
Kadal pemakan tumbuhan Barbatures Morrisoni. bbcKadal pemakan tumbuhan Barbatures Morrisoni.
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com
 — Suhu Bumi diprediksi terus meningkat. Jika suhu Bumi terus meningkat dengan kecepatan alami dan dengan habitat yang terjaga, reptil yang mendiami Bumi saat ini bisa berkembang menjadi raksasa. Alias, masa Jurrasic bisa terulang lagi. Kadal kecil bisa berevolusi menjadi seukuran komodo.

Patricia Holroyd, palentolog Museum of Paleontology, UC Berkeley, mengungkapkan hal tersebut berdasarkan apa yang dilihatnya pada kadal raksasa yang ditemukan oleh ilmuwan University of Iowa dan Duke University di Myanmar pada tahun 1970-an dan dideskripsikan sebagai spesies baru oleh ilmuwan University of Nebraska-Lincoln tahun ini.

Kadal raksasa tersebut adalah Barbaturex morrisoni. Nama kadal itu diambil dari nama anggota band The Dorrs, Jim Morrison. Kadal itu memiliki skin flap yang menjadi petunjuk bahwa makhluk tersebut merupakan herbivora. Ukuran panjang spesies tersebut mencapai 6 meter dengan berat 68 pound.

Barbaturex morrisoni hidup sekitar 40 juta tahun lalu. Menurut ilmuwan, temperatur saat itu jauh lebih panas dari temperatur Bumi saat ini. Faktor temperatur inilah yang membuat Holroyd berpikir bahwa di masa depan reptil bisa tumbuh besar lagi.

Menurut Holroyd, seperti diberitakan Daily Mail, Kamis (11/7/2013), temuan Barbaturex morrisoni memberi petunjuk bahwa meningkatnya temperatur bisa membuat hewan berdarah dingin, seperti kadal, dapat tumbuh menjadi raksasa dengan diet tumbuhan.

"Yang menarik adalah ini merupakan contoh gigantisme pada kadal herbivora, yang menunjukkan bahwa jika Anda reptil dan vegetarian, anda perlu memiliki lingkungan hangat," ungkap Holroyd.

"Kami berpikir bahwa iklim hangat pada saat itu memungkinkan terjadinya evolusi hewan berukuran besar dan kemampuan kadal pemakan tumbuhan untuk mengalahkan mamalia," tambah Jason Head, paleontolog vertebrata dari University of Nebraska-Lincoln.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Suhu Bumi memang diprediksi terus meningkat. Saat ini banyak ilmuwan yang memprediksi bahwa akan ada banyak spesies yang punah bila temperatur meningkat.

Akankah beberapa reptil nantinya justru diuntungkan oleh kenaikan suhu, berkembang besar, serta mendominasi seperti apa yang dikatakan Holroyd? Kita masih perlu menunggu. Namun sepertinya, kenaikan suhu harus dicegah karena akan merugikan lebih banyak makhluk hidup. Jadi, kalau pencegahan berhasil, terulangnya zaman Jurrasic takkan terjadi.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X