Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa UI Temukan Sumur Kuno di Jambi

Kompas.com - 16/07/2013, 15:34 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Mahasiswa arkeologi Universitas Indonesia menemukan sumur di situs Kedaton, kawasan Cagar Budaya Muaro Jambi, Provinsi Jambi. Kegiatan penggalian tersebut merupakan bagian dari kuliah kerja lapangan kerja sama UI dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi.

Temuan petirtaan berupa sumur di halaman tengah candi Kedaton ini menyingkap adanya fungsi-fungsi ruangan di situs Kedaton. "Salah satu ruangan ternyata difungsikan sebagai petirtaan dengan dibangun sumur berukuran tapak 4 meter x 4 meter," kata Cecep Eka Permana yang menjadi dosen pembimbing kuliah kerja lapangan UI, Senin (15/7/2013).

Letak sumur di halaman tengah itu berada di depan bangunan candi induk. Kemungkinan orang harus menyucikan diri dahulu sebelum masuk ke bangunan candi induk. Sumur ditemukan setelah mahasiswa menggali di kedalaman 1,5 meter. Di dekat sumur juga ditemukan struktur persegi yang berbentuk seperti lantai sumur.

Kegiatan penggalian di Kedaton dilakukan 16-28 Juni 2013 dan melibatkan 43 mahasiswa serta lima dosen pembimbing. Kerja sama penggalian dengan Balai Arkeologi dan Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jambi ini diadakan selama lima tahun.

Selain menemukan sumur, tim yang menggali 14 kotak juga menemukan sisa pecahan tembikar, keramik, dan barang pecah belah lainnya.

Di halaman luar, fragmen-fragmen tembikar dan keramik karakternya berbentuk besar dan kasar. Hal ini berbeda dengan temuan fragmen di halaman dalam Kedaton yang pecahannya semakin tipis dan bentuknya kecil-kecil. Fragmen tersebut ditemukan di pojok-pojok ”ruangan” Kedaton.

"Dalam konteks keagamaan, ruangan bagian dalam biasanya lebih sakral sehingga karakter benda-bendanya juga lebih halus dibandingkan dengan benda di halaman luar," kata Cecep.

Ada 83 gundukan
Kedaton adalah satu dari delapan candi yang sudah diekskavasi di kawasan Cagar Budaya Muaro Jambi. Di kawasan tersebut masih ada 83 menapo (gundukan tanah) yang di dalamnya diperkirakan berisi candi. Kedaton merupakan candi terbesar di kawasan itu dengan luas tapak 250 meter x 210 meter.

BPCB Muaro Jambi sejak tahun 2006 sudah memetakan semacam "denah" ruangan dari Kedaton. Pada tahun 2010-2011, gerbang baru masuk ke Kedaton ditemukan. Gerbang tersebut semula gundukan tanah yang oleh warga disebut menapo Harimau Mati.

Di Kedaton juga ditemukan dua makara (arca berbentuk setengah hewan), yang satu menghadap ke arah luar dan yang lainnya menghadap ke dalam.

Tonny Mambo, Kepala BPCB Jambi, mengatakan, kerja sama dengan perguruan tinggi diharapkan dapat mengungkap aspek lain atas sebuah situs. Hal-hal lain seperti mengapa tidak ditemukan permukiman di Muaro Jambi hingga sekarang belum terungkap. Diperlukan sudut pandang lain untuk meneliti sebuah situs. (IND/KOMPAS)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com