Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/07/2013, 16:06 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

Sumber FOXNews

Kompas.com - Konon, manusia tidak bisa selamanya terus memiliki gairah seksual yang prima. Ada periode usia tertentu di mana seorang pria atau wanita akan mengalami masa "jaya" kehidupan seksual. Pada pria, puncak masa seksual mereka terjadi di usia remaja, sedangkan wanita di usia menjelang 30 tahun.

Puncak masa seksual adalah kondisi di mana baik hasrat maupun fungsi seksual seseorang berada di puncak. Kondisi tersebut dipengaruhi oleh banyak faktor, mulai hormonal, gaya hidup, sampai faktor emosional.

Di usia sekitar 18 tahun, organ testikel pria memproduksi hormon seks testosteron paling tinggi. Di usia yang masih tergolong dewasa muda ini pula kebanyakan pria hampir tak pernah gagal meraih ereksi dengan tingkat kekerasan maksimal.

Meski begitu, dibutuhkan waktu sekitar satu dekade setelah puncak masa tersebut bagi seorang pria untuk mencapai kadar testosteron maksimal. Ini berarti gairah seksual dan fungsi seksual pria justu mengalami lonjakan tertinggi ketika mereka berusia 30 tahunan.

Bagaimana dengan lawan jenisnya? Di usia 30 tahunan, wanita juga mampu mencapai orgasme relatif lebih mudah dibanding usia lain.

Menurut Ava Cadell, Ph.D, ahli seksologi dari Los Angeles, AS, berbeda dengan kaum pria, pengalaman seksualitas wanita lebih ditentukan oleh faktor psikologi dibandingkan fisiologi.

"Semakin dewasa seorang wanita, mereka menjadi lebih nyaman dengan kondisi tubuhnya. Mereka juga cenderung lebih percaya diri untuk berkomunikasi tentang yang mereka inginkan untuk kepuasan seksual," kata Cadell.

Yang menarik, menurut survei terhadap lebih dari 12.000 responden diketahui wanita mengalami pengalaman seksual terbaik saat mereka berusia 28 tahun. Pria, di lain pihak mengaku usia seksual terbaik mereka adalah 33 tahun.

Tetapi tetap perlu diingat bahwa puncak seksual, baik karena kepuasan atau kemampuan, sangat bervariasi antar individu. Hal ini dipengaruhi oleh genetik, hormon, kualitas hubungan dengan pasangan, serta faktor psikologis.

"Cara termudah untuk mencapai puncak seksual, di luar faktor usia, adalah menjaga kesehatan secara umum," katanya.

Menjaga pola makan dan rutin berolahraga, menurut Cadell, adalah cara yang mudah untuk meningkatkan kualitas kehidupan seksual Anda.

"Bukan hanya bisa membuat Anda lebih seksi, tapi juga karena kadar testosteron meningkat, stres berkurang, dan aliran darah lebih lancar, termasuk ke organ genital," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber FOXNews
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com