Kompas.com - 04/07/2013, 21:38 WIB
Dua bulan baru Pluto resmi dinamai IAUDua bulan baru Pluto resmi dinamai "Styx" dan "Kerberos"
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com — Dua bulan Pluto yang baru saja ditemukan kini resmi dinamai oleh International Astronomical Union (IAU), organisasi dunia yang bertugas menamai sebuah benda langit.

Sebelumnya, dua bulan tersebut hanya disebut P4 dan P5. Kini, keduanya dinamai masing-masing Kerberos dan Styx.

IAU menamai dua bulan Pluto tersebut berdasarkan hasil pengumpulan suara lewat internet yang didukung oleh proyek Search for Extraterrestrial Intelligence (SETI).

Ada beberapa nama yang sempat muncul sebagai calon nama bulan Pluto. Aktor William Shatner yang memerankan Kapten James T Kirk di serial Star Trek mengusulkan nama "Vulcan".

Dari sekian calon nama, sebenarnya "Vulcan" menjadi juaranya. Dari 500.000 pemilih, nama "Vulcan" didukung oleh 170.000 pemilih. Posisi kedua dan ketiga ialah "Cerberus" dan "Styx".

Namun, para penggemar Star Trek yang mendambakan penggunaan nama "Vulcan" harus kecewa. IAU memutuskan untuk tidak memakainya.

"IAU benar-benar mempertimbangkan nama ini, yang juga merupakan nama Dewa Gunung dalam mitologi Romawi," demikian pernyataan SETI yang dikutip Space, Selasa (2/7/2013).

"Namun, karena nama ini telah digunakan dalam astronomi dan karena dewa Romawi ini tidak berasosiasi secara dekat dengan Pluto, proposal ini ditolak," tambah SETI.

Berdasarkan kesepakatan IAU, bulan Pluto harus dinamai berdasarkan nama-nama dalam mitologi Romawi atau Yunani. Pluto adalah penguasa dunia dalam mitos masa lalu.

Cerberus adalah anjing berkepala tiga dalam mitologi Yunani. IAU memutuskan untuk memplesetkan nama ini sedikit menjadi Kerberos saat dipakai sebagai nama bulan Pluto.

Styx sendiri adalah sungai yang memisahkan yang hidup dan yang mati dalam mitologi kuno. Cerberus dan Styx masing-masing mendapat dukungan dari 100.000 dan 88.000 pemilih.

Styx dan Kerberos ditemukan dengan Teleskop Antariksa Hubble. Styx ditemukan tahun 2012, sementara Kerberos 2011. Keduanya adalah bulan mini, dengan diameter 20-30 kilometer.

Pluto memiliki beberapa bulan lain, di antaranya Charon, Nyx, dan Hydra. Charon adalah bulan terbesar Pluto, ditemukan tahun 1978.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.