Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/06/2013, 08:10 WIB
Editoryunan

KOMPAS.com — Salah satu citra yang dirilis Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menyuguhkan sebuah misteri. Citra tersebut menunjukkan sebuah jalur di wilayah Mars bernama Nili Fossae yang mengindikasikan adanya batu yang bergerak.

NASA merilis citra tersebut pada 7 Juni 2013 lalu dalam posting di akun Tumblr, Beautiful Mars. Akun ini dipakai NASA untuk menyuguhkan citra resolusi tinggi hasil jepretan kamera HiRISE yang ada di wahana Mars Reconnaissance Orbitter.

Citra yang baru dirilis NASA ini menunjukkan jalur berkelok dan naik turun selebar beberapa meter serta mengarah ke bawah dan batu. Tampak pula jalur putus-putus dan batu yang lebih kecil di ujungnya.

Batu yang terekam kamera itu sebenarnya bukan target NASA. Batu itu hanya tertangkap kamera saat HiRISE mengobservasi wilayah Nili Fossae, sebuah parit di dekat cekungan besar akibat tumbukan dengan benda langit lain.

Berdasarkan observasi, ilmuwan mengatakan, Nili Fossae kaya mineral tanah liat sehingga air mungkin pernah melimpah di sana. Wilayah tersebut juga merupakan hotspot metana. Wilayah ini sempat menjadi kandidat pendaratan wahana kendaraan antariksa Curiosity.

Diberitakan New Scientist, Selasa (11/6/2013), hingga saat ini NASA belum bisa memastikan mengapa batu seperti dalam gambar ini bergerak. Gempa Mars di sekitar cekungan atau erosi di bawah permukaan tanah adalah beberapa kemungkinan.

Namun, menurut ilmuwan, jalur itu masih tampak "segar". Artinya, kondisi lingkungan Mars yang dingin dan kering berhasil mengawetkan jalur tersebut. Belum diketahui pula kapan jalur tersebut terbentuk.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+