Sepeda Pun Bakal Terbang

Kompas.com - 13/06/2013, 01:29 WIB
|
EditorPalupi Annisa Auliani

PRAHA, KOMPAS.com — Sepeda yang bisa terbang tak ubahnya pesawat terbang diperlihatkan di Praha, Ceko, Rabu (12/6/2013). Sepeda terbang ini dibuat oleh tiga perusahaan asal Ceko.

Sepeda tersebut berhasil lepas landas dari sebuah pusat ekshibisi di Praha dan kemudian mendarat dengan selamat setelah terbang selama lima menit. Kantor berita AP hari Rabu (12/6/2013) melaporkan, sepeda listrik ini berhasil terbang dengan pengendalian jarak jauh.

Bobot sepeda yang penampakannya mirip sepeda gunung ini mencapai 95 kilogram. Tenaga yang dipakai untuk terbang berasal dari dua baterai yang memutar baling-baling di depan sepeda, dua baling-baling lain di bagian belakang, serta masing-masing satu baling-baling di sisi kiri dan kanan sepeda.

Sebuah boneka ditempatkan di sadel selama pertunjukan prototipe itu. Milan Duchek, Direktur Teknik Duratec, salah satu perusahaan pembuat sepeda, menegaskan, sumber tenaga dari baterai diperlukan sebagai percobaan sebelum tenaga manusia dipakai untuk menggerakkan pedal dan baling-baling sepeda tersebut.

 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X