Kompas.com - 12/06/2013, 20:14 WIB
Editoryunan

KOMPAS.com — Setiap malam, bila tak mendung atau hujan, manusia di Bumi selalu dapat melihat bintang bertaburan di angkasa. Namun, manusia mungkin bertanya, apakah bintang yang dilihat setiap malam sama?

Salah satunya Marie di Balikpapan yang mengajukan pertanyaan kepada Langitselatan, situs astronomi Indonesia. "Kenapa setiap malam kita melihat langit/bintang yang sama, padahal Bumi berputar. Apakah bintangnya ikut berputar?" tanyanya.

Menjawab pertanyaan itu, pengelola Langitselatan menjelaskan bahwa tidak benar bahwa bintang yang dilihat selalu sama. Setiap malam, bintang yang terlihat selalu berbeda. Bintang juga selalu bergerak. Bagaimana penjelasannya? Berikut uraian Langitselatan.

Ini (bintang yang terlihat setiap malam selalu sama) tidak benar sama sekali.  Bintang yang kita lihat setiap malam tidaklah sama. Apakah berarti bintang-bintang itu bergerak dan berganti?

Bayangkan tidak ada Bumi ataupun Matahari dan kamu sebagai pengamat langsung melihat ke angkasa berhadapan dengan bintang-bintang di langit. Bintang yang dilihat akan selalu sama di arah mana pun. Bintang memang bergerak terhadap bintang lainnya, tetapi perubahan akibat gerakan itu sangat kecil untuk bisa dikenali oleh manusia dalam jangka waktu kehidupannya.

Tetapi ingat, itu pengamat yang langsung menatap angkasa dan tidak berada di Bumi atau planet apa pun.

Sekarang, jika pengamat berada di Bumi seperti halnya kita, akankah bintang yang dilihat selalu sama? Jawabannya tidak.

Setiap malam kita dapat melihat ada bintang-bintang baru di ufuk timur saat Matahari terbenam. Kita juga melihat bahwa bintang-bintang di ufuk barat yang kita amati pada malam sebelumnya tidak dapat kita amati lagi. Dan ketika bintang-bintang yang ada di langit malam terbenam, yang lain pun terbit. Perlu diingat juga, bintang yang dilihat pengamat di belahan bumi utara dan selatan juga berbeda.

Bintang yang dilihat pengamat akan tampak bergerak melintasi langit sepanjang malam dan terus melintasi langit di siang hari meskipun tak dapat dilihat oleh manusia dan akan kembali di lokasi yang relatif sama di malam hari di waktu yang sama keesokan harinya. Tetapi, kalau pengamatan dilakukan dalam jangka waktu yang lebih lama, pengamat akan melihat kalau lokasi bintang dan kelompoknya itu bergeser dan ada kelompok bintang baru yang tampak di langit pada waktu tersebut.

Mengapa demikian?

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.