Kompas.com - 11/06/2013, 10:37 WIB
|
Editoryunan

KOMPAS.com — Benda langit yang merupakan salah satu bulan dari planet Saturnus mungkin memiliki air di lautan bawah permukaannya. Ilmuwan menduga hal ini berdasarkan observasi wahana antariksa Cassini.

Dione memiliki gunung yang bernama Janiculus Dorsa. Citra hasil bidikan wahana antariksa Cassini menunjukkan adanya kerutan hampir 0,48 km di bawah gunung, menunjukkan bahwa Dione punya lautan bawah laut saat gunung itu terbentuk.

"Lengkungan kerak di bawah Janiculus Dorsa menunjukkan bahwa kerak es itu sebelumnya hangat dan cara terbaik memiliki panas adalah bila Dione mempunyai lautan di bawah permukaan saat bukit itu terbentuk," kata Noah Hammond dari Brown University, pemimpin riset ini, seperti dikutip Popular Science, Senin (10/6/2013).

Lautan di bawah permukaan diduga eksis di beberapa benda langit di Tata Surya, termasuk bulan Saturnus, Enceladus, dan Titan. Sementara bulan Jupiter, Europa, memiliki laut di permukaan maupun di bawah permukaan.

"Mungkin dunia dengan air di luar sana lebih banyak dari yang diduga," kata Bonnie Borati, pemimpin ilmuwan program Cassini dari Jet Propulsion Laboratory, Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA).

Cassini mengeksplorasi Saturnus sejak tahun 2004, mendeteksi aliran partikel dari Dione dengan instrumen magnetometernya. Hasil penelitian pada Dione ini dipublikasikan di jurnal Icarus. Air juga bahkan diduga ada di Ceres dan Pluto.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.