Kompas.com - 11/06/2013, 10:37 WIB
|
Editoryunan

KOMPAS.com — Benda langit yang merupakan salah satu bulan dari planet Saturnus mungkin memiliki air di lautan bawah permukaannya. Ilmuwan menduga hal ini berdasarkan observasi wahana antariksa Cassini.

Dione memiliki gunung yang bernama Janiculus Dorsa. Citra hasil bidikan wahana antariksa Cassini menunjukkan adanya kerutan hampir 0,48 km di bawah gunung, menunjukkan bahwa Dione punya lautan bawah laut saat gunung itu terbentuk.

"Lengkungan kerak di bawah Janiculus Dorsa menunjukkan bahwa kerak es itu sebelumnya hangat dan cara terbaik memiliki panas adalah bila Dione mempunyai lautan di bawah permukaan saat bukit itu terbentuk," kata Noah Hammond dari Brown University, pemimpin riset ini, seperti dikutip Popular Science, Senin (10/6/2013).

Lautan di bawah permukaan diduga eksis di beberapa benda langit di Tata Surya, termasuk bulan Saturnus, Enceladus, dan Titan. Sementara bulan Jupiter, Europa, memiliki laut di permukaan maupun di bawah permukaan.

"Mungkin dunia dengan air di luar sana lebih banyak dari yang diduga," kata Bonnie Borati, pemimpin ilmuwan program Cassini dari Jet Propulsion Laboratory, Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA).

Cassini mengeksplorasi Saturnus sejak tahun 2004, mendeteksi aliran partikel dari Dione dengan instrumen magnetometernya. Hasil penelitian pada Dione ini dipublikasikan di jurnal Icarus. Air juga bahkan diduga ada di Ceres dan Pluto.