Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden SBY Temui Aktivis Greenpeace

Kompas.com - 07/06/2013, 08:18 WIB
Sandro Gatra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan bertemu dengan para aktivis Greenpeace Internasional yang tengah berada di Jakarta, Jumat (7/6/2013). Pertemuan berlangsung di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Juru Bicara Presiden, Julian Aldrin Pasha, mengatakan, semula para aktivis Greenpeace meminta audiensi di Kantor Presiden. Agenda mereka antara lain adalah berterima kasih kepada Pemerintah Indonesia yang telah memperpanjang moratorium pemberian izin baru tata kelola hutan alam primer dan lahan gambut di Indonesia.

Namun, tambah Julian, atas masukan dari para menteri, Presiden memutuskan bertemu mereka di kapal Greenpeace Internasional, Rainbow Warrior, yang tengah bersandar di Pelabuhan Tanjung Priok. Kapal ini bersandar di depan Terminal Penumpang Nusantara Pura 1. "Presiden ingin melihat langsung kegiatan mereka," kata Julian ketika dihubungi.

Seperti diberitakan, kapal Rainbow Warrior yang kini dipakai adalah kapal ketiga. Rainbow Warrior pertama dibom tahun 1985 saat berkampanye menghentikan uji coba nuklir di Lautan Pasifik.

Sementara itu, kapal Rainbow Warrior kedua telah pensiun pada 16 agustus 2011. Kapal Rainbow Warrior ketiga ini memiliki panjang 57,92 meter dan lebar 11,3 meter dengan kecepatan maksimal 7 knot.

Kapal dapat membawa 30 orang dan peralatan dengan bobot maksimal 8 ton. Kapal berwarna hijau itu dilengkapi sistem satelit komunikasi yang mampu menampilkan video siaran langsung kegiatan ke media di dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com