Merkel Janjikan Bantuan

Kompas.com - 05/06/2013, 02:23 WIB
Editor

Passau, Selasa - Kanselir Jerman Angela Merkel, Selasa (4/6), menjanjikan bantuan darurat 100 juta euro bagi daerah di Jerman yang dilanda banjir. Jerman bersiap menghadapi banjir yang lebih besar setelah air mencapai puncaknya di Praha, ibu kota Ceko.

Kesiagaan terlihat di kota-kota di Jerman selatan dan timur, terutama di sekitar wilayah aliran Sungai Elbe, Mulde, Inn, dan Danube. Derasnya curah hujan beberapa hari terakhir menyebabkan permukaan sungai meluap, merendam wilayah yang luas di Eropa tengah, membuat kota dan permukiman menjadi danau.

Banjir yang merendam pinggiran kota Praha, Selasa, mencapai titik tertinggi. Wilayah di selatan dan utara ibu kota Ceko itu tergenang air, termasuk kebun binatang dan tempat pacuan kuda. Hewan koleksi kebun binatang sempat dievakuasi pada Senin malam dan kekhawatiran bahwa air melimpah ke pusat kota membuat lebih dari 8.000 orang mengungsi. Namun, bendung penghalang logam yang dibangun di sepanjang tepi Sungai Vltava melindungi pusat kota tua yang bersejarah itu.

”Banjir saat ini memuncak di Praha,” kata Petr Dvorak, juru bicara Institut Hidrometeorologi Ceko, Selasa pagi. Dia menambahkan, banjir akan mencapai 30 kilometer dari perbatasan Jerman menjelang malam.

Para ahli meteorologi mengatakan, curah hujan yang mulai menurun akan mempercepat banjir surut. Namun, luapan akan bergerak searah aliran sungai ke wilayah Jerman timur, Slowakia, dan Hongaria dalam beberapa hari ke depan. Aliran Sungai Vltava mengarah ke utara dan bergabung di Sungai Elbe di timur Jerman, sedangkan Sungai Danube mengalir ke timur melewati Slowakia dan Hongaria.

11 tewas

Sedikitnya 11 orang tewas akibat banjir terburuk dalam satu dekade terakhir di Eropa itu. Sebanyak 7 korban tewas di Ceko, 2 orang di Austria, serta 2 orang ditemukan tewas di kota Guenzburg, Jerman selatan.

Di Jerman, lebih dari 10.000 orang terpaksa mengungsi. Kemarin, Angela Merkel mengunjungi Passau, kota di Negara Bagian Bavaria di selatan Jerman, yang berbatasan dengan Austria dan dilintasi Sungai Danube.

Merkel menjanjikan dana darurat itu akan dibagikan dengan cara yang tidak birokratis. ”Yang penting sekarang adalah bahwa bantuan ini dengan cepat mencapai rakyat,” ujarnya.

Tinggi permukaan air Sungai Danube di Passau sehari sebelumnya mencapai 12,89 meter, tingkat tertinggi sejak tahun 1501. Banjir yang lebih buruk diperkirakan melanda wilayah timur saat luapan air sungai dari Ceko mencapai Jerman melalui Sungai Elbe.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.