Kompas.com - 03/06/2013, 18:57 WIB
Editoryunan

KOMPAS.com — Cincin F selaku salah satu cincin yang mengelilingi Saturnus dikenal memiliki struktur yang misterius. Cincin yang mengorbit sekitar 82.000 kilometer dari titik ekuatorial tertinggi ini adalah struktur yang lekat dan sabuk berseluk dari partikel es cerah.

Lebarnya bisa 30 kilometer hingga 500 kilometer. Terkadang ia bisa tampak seperti selukan yang solid atau kabel terbelit yang dikelilingi oleh kabut tebal.

Dalam foto yang didapat wahana Cassini pada 13 Februari 2013 lalu, ditemukan lagi satu bentuk unik dari cincin ini. Salah satu seksi dari cincin F terpisah menjadi tali panjang dan membentang ikatan dari materi berwarna terang. Ini membentuk struktur yang mirip tangga.

Para peneliti yakin bahwa fenomena ini terjadi karena adanya interaksi antara cincin F dan bulan milik Saturnus, Prometheus, dan Pandora. Cincin F sendiri mengorbit Saturnus dari sudut terluar cincin A.

Foto tangga "hantu" ini berhasil diambil Cassini dari jarak 686.000 kilometer dari Saturnus dengan sudut fase sekitar 162 derajat. Adapun misi Cassini-Huygens merupakan proyek kerja sama antara Badan Penerbangan dan Antariksa AS (NASA), Agensi Luar Angkasa Eropa, dan Agensi Luar Angkasa Italia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.