Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tangga "Hantu" di Cincin Saturnus

Kompas.com - 03/06/2013, 18:57 WIB

KOMPAS.com — Cincin F selaku salah satu cincin yang mengelilingi Saturnus dikenal memiliki struktur yang misterius. Cincin yang mengorbit sekitar 82.000 kilometer dari titik ekuatorial tertinggi ini adalah struktur yang lekat dan sabuk berseluk dari partikel es cerah.

Lebarnya bisa 30 kilometer hingga 500 kilometer. Terkadang ia bisa tampak seperti selukan yang solid atau kabel terbelit yang dikelilingi oleh kabut tebal.

Dalam foto yang didapat wahana Cassini pada 13 Februari 2013 lalu, ditemukan lagi satu bentuk unik dari cincin ini. Salah satu seksi dari cincin F terpisah menjadi tali panjang dan membentang ikatan dari materi berwarna terang. Ini membentuk struktur yang mirip tangga.

Para peneliti yakin bahwa fenomena ini terjadi karena adanya interaksi antara cincin F dan bulan milik Saturnus, Prometheus, dan Pandora. Cincin F sendiri mengorbit Saturnus dari sudut terluar cincin A.

Foto tangga "hantu" ini berhasil diambil Cassini dari jarak 686.000 kilometer dari Saturnus dengan sudut fase sekitar 162 derajat. Adapun misi Cassini-Huygens merupakan proyek kerja sama antara Badan Penerbangan dan Antariksa AS (NASA), Agensi Luar Angkasa Eropa, dan Agensi Luar Angkasa Italia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com