Kompas.com - 30/05/2013, 20:45 WIB
|
Editoryunan

KOMPAS.com — Manusia di banyak kebudayaan cenderung menyukai perempuan yang berkaki kecil, kaki yang cantik dianggap sebagai lambang muda dan kesuburan.

Namun, orang Batak Karo rupanya punya preferensi berbeda. Berdasarkan riset yang dipublikasikan di jurnal Human Nature pada Kamis (30/5/2013) hari ini, orang Batak Karo ternyata justru lebih menyukai perempuan berkaki besar.

Geoff Kushnick, antropolog dari University of Washington, yang melakukan studi ini mengungkapkan, fakta pada masyarakat Batak Karo menunjukkan bahwa budaya memengaruhi selera pasangan seseorang yang menjadi anggota masyarakat yang menganut budaya itu.

Preferensi kaki perempuan pada masyarakat Batak Karo, menurut Kushnick, menjadi cerminan bahwa budaya desa dan pertanian serta paparan budaya Barat memengaruhi selera masyarakat.

"Fitur-fitur umum dari daya tarik fisik biasanya dianggap menunjukkan bahwa pemilihan kriteria pasangan sudah terprogram dalam otak manusia dan berevolusi sejak puluhan ribu tahun yang lalu," kata Kuschnick.

"Riset terbaru ini mendukung ide bahwa pengaruh konstruksi kebudayaan akan pilihan pasangan memungkinkan manusia beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya," jelas Kuschnick seperti dikutip Physorg, Kamis hari ini.

Dalam survei, Kushnick menunjukkan pada 159 orang Batak Karo, baik laki-laki maupun perempuan, lima buah gambar perempuan dengan rambut disisir ke belakang, mengenakan baju dan rok hingga betis. Semua gambar sama, hanya ukuran kaki di setiap gambar yang berbeda.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hasil survei menunjukkan, baik laki-laki maupun perempuan Batak Karo menilai bahwa perempuan yang memiliki kaki besar lebih menarik, sedangkan yang berkaki kecil kurang menarik.

Studi memperoleh hasil bahwa warga Iran, Lituania, Brasil, Amerika Serikat, dan India menilai kaki kecil lebih menarik. Sementara warga Kamboja, Papua Niugini, dan Tanzania sama seperti Batak Karo, menilai kaki besar lebih menarik.

Kushnick menduga, ada tiga faktor yang memengaruhi selera masyarakat pada ukuran kaki, yakni nilai patriarki, rural versus urban, dan paparan konten media Barat. Namun, ternyata nilai patriarki tak memengaruhi.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.