Kompas.com - 27/05/2013, 20:56 WIB
Editoryunan

KOMPAS.com — Asteroid 1998QE2 akan berlayar dengan tenang mendekati Bumi hingga jarak sekitar 3,6 juta mil atau sekitar 5,8 juta kilometer, yaitu kira-kira 15 kali jarak Bumi-Bulan, dan jarak terdekatnya dicapai pada tanggal 31 Mei 2013 pukul 20.59 UTC atau 03.59 WIB tanggal 1 Juni 2013.

Asteroid 1998QE2 mungkin tidak begitu menarik bagi astronom dan ilmuwan pencari Potentially Hazardous Asteriods (PHA/asteroid-asteroid yang berbahaya bagi Bumi), tetapi 1998QE2 akan sangat menarik bagi mereka yang berkecimpung dalam astronomi radar, terutama jika menggunakan teleskop radar yang lebih besar dari 230-kaki (70 meter).

Orbit asteroid 1998QE2 (kredit: NASA/JPL-Caltech)

“Asteroid 1998QE2 akan menjadi target pencitraan radar di Goldstone dan Arecibo dan diharapkan didapat serangkaian gambar dengan resolusi tinggi yang dapat mengungkap fitur-fitur permukaannya karena setiap kali asteroid mendekati Bumi adalah kesempatan untuk mempelajari secara rinci ukuran, bentuk, rotasi, fitur permukaan, dan apa pun yang dapat memberi informasi tentang asal-usulnya. Pencitraan menggunaan radar-radar baru dimanfaatkan untuk meningkatkan kepastian pengukuran jarak dan kecepatan asteroid tersebut sehingga orbit dapat ditentukan dengan lebih teliti, begitu pula pergerakannya di masa depan,” kata Lance Benner, seorang astronom radar dan peneliti utama radar Goldstone dari NASA Jet Propulsion Laboratory di Pasadena, California.

Asteroid ini diperkirakan berukuran sekitar 2,7 kilometer atau kira-kira dua kali ukuran kapal Queen Elizabeth 2. Asteroid ini dinamai 1998QE2 oleh NASA bersama Minor Planet Center di Cambridge, Massachusetts. Angka 1998 menunjukkan tahun mulai diamatinya, diikuti dengan alfa numerik yang menunjukkan bahwa asteroid tersebut ditemukan pada paruh bulan dalam tahun bersangkutan dan angka paling belakang menunjukkan urutan pada paruh bulan tersebut.

Citra radar dari antena Goldstone bisa memperlihatkan fitur asteroid hingga ukuran sekitar 12 kaki (3,75 meter), bahkan dari jarak 4 juta mil jauhnya sekalipun. “Sangat menarik untuk melihat gambar rinci tentang asteroid untuk pertama kalinya,” kata Benner. “Dengan radar kita dapat mengubah obyek titik cahaya menjadi sebuah 'dunia mini'. Pencitraan radar asteroid dekat Bumi merupakan dasar dalam penjelajahan seluruh kelas obyek tata surya."

Asteroid 1998QE2 akan diamati antara tanggal 30 Mei hingga 9 Juni 2013 oleh para astronom radar dengan menggunakan antena berdiameter 230 kaki (70 meter) Deep Space Network, NASA di Goldstone, California, dan observatorium Arecibo di Puerto Riko. Kedua teleskop tersebut memiliki kemampuan pencitraan yang lengkap dan memungkinkan para astronom untuk belajar sebanyak mungkin tentang asteroid ini selama kunjungan singkatnya mendekati Bumi tersebut.

NASA menempatkan prioritas tinggi untuk pelacakan asteroid dan melindungi planet kita dari ancaman mereka, bahkan Amerika Serikat telah memiliki survei yang paling kuat dan produktif serta program deteksi untuk menemukan obyek-obyek dekat Bumi. Sampai saat ini Amerika Serikat telah menemukan lebih dari 98 persen Near Earth Object (NEO/benda atau obyek dekat Bumi) yang telah dikenal.