Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jakarta Masih Diwarnai Hujan Angin Hingga Sepekan ke Depan

Kompas.com - 27/05/2013, 20:08 WIB
Zico Nurrashid Priharseno

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan lebat yang disertai hembusan angin kencang masih berpotensi terjadi hingga satu minggu kedepan. Hujan diperkirakan akan turun pada sore dan malam hari.

Kondisi hujan lebat yang disertai angin kencang yang terjadi pada beberapa hari belakangan ini disebabkan oleh masa peralihan dari musim hujan ke musim kemarau, atau yang dikenal dengan musim pancaroba. "Potensinya masih akan tetap berpeluang hujan sedang hingga lebat disertai. Angin kencang, namun intensitasnya cenderung menurun. Karena Jakarta masih dalam masa peralihan musim," kata Kepala Bidang Informasi BMKG, Achmad Zakir saat dihubungi, Senin (27/5/2013).

Untuk hujan lebat dan angin kencang, ada beberapa wilayah yang paling berpotensi di berbagai wilayah di Jakarta, yaitu di wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Utara.

"Biasanya kalau hujan saat masa peralihan seperti ini masih akan disertai hembusan angin, namun untuk seminggu kedepan, kecepatan angin diperkirakan sekitar 10 knot saja," kata Zakir.

Untuk itu, Zakir menghimbau kepada masyarakat agar tetap selalu waspada. Bagi pengendara kendaraan roda dua, Zakir menyarankan agar selalu membawa jas hujan, karena hujan dapat dengan tiba-tiba turun kapan saja.

"Melihat kondisi cuaca saat ini, dimana angin yang tiba-tiba berhembus kencang, hendaknya masyarakat selalu waspada. Bagi yang di rumah agar mematikan peralatan elektroniknya saat hujan besar. Ini untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com