Kompas.com - 20/05/2013, 17:11 WIB
|
Editoryunan

KOMPAS.com — Spesies arthropoda purba yang hidup sekitar 500 juta tahun lalu kini mendapat nama. Ilmuwan menamai spesies itu dengan nama aktor tampan, Johny Depp. Nama lengkap spesies itu sendiri adalah Kooteninchela deppi.

Mengapa Johny Depp? David Legg dari Imperial College London yang terlibat penemuan dan identifikasi spesies ini mengatakan bahwa nama Johny Depp dipakai karena kemiripan karakteristik spesies dengan penampilan Johny Depp dalam salah satu filmnya.

"Saat saya melihat pasangan cakar pada fosil spesies ini. Saya tak bisa untuk tidak berpikir tentang Edward Scissorhads (film tahun 1990-an di mana Depp memerankan tokoh pria dengan tangan gunting panjang)," urai Legg.

"Bahkan, nama genusnya, Kootenichela, menyertakan kata 'chela' yang dalam bahasa latin berarti cakar atau gunting (seperti judul film tahun 1990-an itu). Dalam hidup, saya juga fans Johny Depp," imbuh Legg seperti dikutip Mongabay, Minggu (19/5/2013).

Artists depiction of Kooteninchela deppi. Image courtesy of Imperial College London.

Ilustrasi kenampakan spesies K. deppi.


Spesies ini ditemukan di Stanley Glacier, Kootenay National Park, Kanada. Legg percaya, K. deppi adalah predator atau hewan pemakan sampah pada 500 juta tahun lalu. Hewan yang diperkirakan punya ukuran panjang 4 cm ini memakai cakarnya untuk mencari mangsa di dasar laut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Spesies ini merupakan golongan hewan yang disebut megacheirans atau arthropoda dengan kelengkapan tubuh besar. Golongan ini adalah kerabat arthropoda modern yang mencakup serangga, lipan, dan laba-laba.

"Bayangkan saja udang yang ditutupi mayonaise di sandwich Anda, laba-laba yang memanjat di dinding dan bahkan lalat yang ada di jendela dan wajah Anda. Semua adalah turunan dari K. deppi," urai legg.

Saat ini, jumlah spesies serangga yang terdata saja sudah lebih dari sejuta jenis. Sementara sekitar 10 juta belum digolongkan. Dengan demikian, jenis K deppi diperkirakan memiliki pohon kekerabatan yang luar biasa besar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.