Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI Rate Kembali Ditahan di 5,75 persen

Kompas.com - 14/05/2013, 15:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) hari ini menetapkan suku bunga acuan pada Mei tak berubah atau tetap bertahan di level 5,75%. Artinya, sudah lima belas kali otoritas moneter menahan suku bunga di level yang sama.

Budianto, Direktur Eksekutif Departemen Perencanaan Strategis dan Hubungan Masyarakat BI, Selasa (14/5) mengatakan tingkat BI Rate tersebut dinilai masih konsisten dengan sasaran inflasi tahun 2013 dan 2014, sebesar 4,5% ± 1%. Meskipun Indeks Harga Konsumen (IHK) bulan April 2013 mengalami deflasi.

“Bank Indonesia tetap mewaspadai tekanan inflasi yang berasal dari kenaikan ekspektasi inflasi terkait dengan rencana kebijakan BBM yang akan ditempuh pemerintah,” jelasnya.

BI juga berniat melanjutkan penguatan operasi moneter melalui penyerapan likuiditas yang lebih besar ke tenor yang lebih jangka panjang. “Penguatan operasi moneter tersebut juga dimaksudkan untuk mendukung kebijakan stabilisasi nilai tukar rupiah sesuai dengan tingkat fundamentalnya,” jelas dia.

Masih menurut sumber yang sama, kebijakan ini didukung dengan langkah-langkah lanjutan untuk pendalaman pasar keuangan, khususnya pasar valuta asing, antara lain dengan memublikasikan kurs referensi spot rupiah/dollar AS di pasar domestik dalam waktu dekat.

“Ke depan, BI akan mewaspadai sejumlah risiko terhadap tekanan inflasi maupun nilai tukar, dan akan menyesuaikan respon kebijakan moneter bila diperlukan,” jelasnya. Perlu diketahui, terakhir, BI menurunkan BI rate pada 9 Februari 2012 dari 6% menjadi 5,75%. (Annisa Aninditya Wibawa, Dyah Megasari/ Kontan)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com