Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertama Kali, Video Musik Berhasil Direkam di Antariksa

Kompas.com - 13/05/2013, 09:53 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

KOMPAS.com — Chris Hadfield, astronot Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) yang kini sedang bertugas di International Space Station (ISS), kembali menyuguhkan video menarik bagi warga Bumi. Kali ini, ia berhasil membuat video musik pertama yang direkam di antariksa.

Hadfield sebelumnya telah menyuguhkan tayangan menarik seperti cara memasak dan cara memotret Bumi dari antariksa. Hadfield memukau warga Bumi yang mengakses videonya lewat Youtube sekaligus memberikan wawasan tentang keseharian di antariksa.

Dalam video musik yang diunggah di Youtube, Minggu (12/5/2013), Hadfield menyanyikan lagu milik David Bowie berjudul Space Oddity. Rekaman dilakukan di antariksa sementara proses editing dan aransemen dilakukan di Bumi. David dibantu oleh putranya sendiri, Eva Hadfield.

Beberapa adegan dalam video seperti merepresentasikan judul lagunya, "Space Oddity" alias "Keganjilan Antariksa". Salah satu keganjilan adalah adanya gitar yang melayang-layang bebas. Hal ini tak bisa dijumpai di Bumi, kecuali gitar sengaja dilempar.

Video dibuka dengan adegan Hadfield menatap langit. Bila mungkin dalam video di Bumi seorang penyanyi pria akan mengintip pemandangan dari jendela rumah atau bus, dalam video ini, Hadfield mengintip pemandangan Bumi dari jendela ISS.

Dalam video musik yang direkam di Bumi, biasanya ada adegan penyanyi mengambil gitar di sebuah kursi atau meja. Dalam video ini, untuk mengambil gitar, Hadfield harus mengejar gitar yang melayang bebas karena kondisi minim gravitasi di antariksa.

Bukan cuma menyuguhkan beberapa hal unik yang bisa terjadi di antariksa, video musik Hadfield juga menunjukkan keindahan Bumi dilihat dari antariksa. Misalnya, Bumi yang tampak biru hingga pemandangan kota-kota di Bumi dengan cahaya lampunya dilihat dari angkasa.

Video Hadfield bisa dilihat di Youtube atau di bawah ini. Video musik ini menjadi video terakhir yang akan diunggah Hadfield dalam misinya kali ini. Hadfield akan kembali ke Bumi pada Senin (13/5/2013).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com