Kompas.com - 12/05/2013, 18:58 WIB
|
Editoryunan

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah lima tim pelajar Indonesia meraih penghargaan medali emas dan perak dalam kompetisi inovasi tingkat internasional di ajang International Exhibition of Young Inventors (IEYI) 2013 yang berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia, 9 - 11 Mei 2013. Minggu (12/5/2013), tim tiba kembali di tanah air.

IEYI adalah kompetisi inovasi internasional bagi generasi muda, khususnya tingkat sekolah menengah. Kompetisi ini menantang generasi muda untuk menunjukkan kreativitas dan inovasinya untuk mengatasi masalah bangsa.

Lima tim pelajar Indonesia masing-masing meraih tiga medali emas dan dua medali perak. Tim yang mendapat medali emas antara lain Wisnu dari SMA Taruna Nusantara, Magelang, Jawa Tengah. Inovasi yang diusung adalah Detektor Telur Busuk.

Tim lain yang berhasil meraih medali emas adalah tim dari SMA 6 Yogyakarta, beranggotakan Nurina Zahra Rahmati, Tri Ayu Lestari an Elizabeth Widya Nidianita. Mereka mengusung inovasi bernama Thundershot Filter yang berguna untuk mengurangi sampah di sungai.

Peserta yang juga mendapat medali emas adalah Hibur Syahrul Gofur dari SMPN 1 Bogor, Jawa Barat, yang mengusung inovasi Sepatu Anti Kekerasan Seksual. Inovasi ini mencuri perhatian dewan juri karena orisinalitas dan visinya untuk melindungi perempuan dari kekerasan seksual.

Sementara itu, peserta yang meraih medali perak adalah Devika Asmi pandanwangi dari SMAN 6 Yogyakarta yang punya inovasi Bra Penampung Asi. Peserta lain peraih medali yang sama adalah Syafira Dwi Tyas Putri dari Sampoerna Academy Bogor dengan inovasi Canting Otomatis.

Kepala Humas Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Nur Tri Aries Suestiningtyas, mengatakan, tim pelajar Indonesia layak menang. Inovasi pelajar Indonesia juga banyak mendapatkan perhatian dari pengunjung.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Nur dalam konferensi pers setelah kedatangan tim pelajar di Bandara Soekarno Hatta hari ini menambahkan, "Inovasi pelajar Indonesia juga mendapatkan Best Invention untuk kategori Food and Agriculture untuk inovasi karya Wisnu. Kita juga mendapatkan Special Awards untuk inovasi bra dari Devika."

Penghargaan dari ajang IEYI untuk kesekian kalinya didapatkan Indonesia. Untuk tahun 2014 depan, Indonesia direncanakan akan menjadi tuan rumah IEYI.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.