Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pedagang Terpaksa Obral Daging Sapi

Kompas.com - 12/05/2013, 10:09 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga daging sapi di pasar kini semakin melonjak. Karena pembeli enggan memborong, pedagang pun terpaksa menjual rugi daripada stok daging menumpuk di gudang.

Ruyati, salah satu pedagang daging sapi di Pasar Klender, Jakarta Timur mengatakan, menjelang liburan sekolah dan menjelang puasa Ramadhan ini harga daging sapi cenderung naik.

"Harga daging sapi saat ini sekitar Rp 90.000-95.000 per kilogram. Tetapi daripada tidak ada yang membeli dan stok di gudang menumpuk, makanya kita jual rugi Rp 84.000 per kilgram," kata Ruyati saat ditemui media di Pasar Klender, Jakarta Timur, Minggu (12/5/2013).

Ruyati menambahkan, pembeli daging sapi saat ini memang sepi. Konsumen mengaku lebih memilih daging ayam dengan harga yang lebih murah sebagai pengganti daging sapi. Bahkan beberapa pedagang bakso sempat memakai daging babi untuk mengantisipasi harga daging sapi yang mahal.

"Kami beli dari rumah potong hewan (RPH) sekitar Rp 84.000. Kami jual daging sapi tersebut dengan harga itu, kami jual agar balik modal saja. Tapi kadang kami jual lebih rendah karena tidak ada yang sanggup beli. Jadi kami bisa tekor Rp 1 juta karena jual rugi itu," tambahnya.

Sementara untuk daging sapi impor, harganya sekitar Rp 85.000-87.000 per kg. Sampai di tangan pedagang, harganya jadi Rp 90.000 per kg.

"Jadi sama saja, lebih baik kami ambil daging sapi lokal," tambahnya.

Bila harga tidak lekas turun, Ruyati bakal libur jualan daging sapi untuk sementara. Sebab, dirinya merasa menjual daging sapi tidak untung. Hal ini disebabkan harga jual daging sapi yang tidak terjangkau oleh konsumen.

Biasanya, kata Ruyati, harga daging sapi lokal akan cenderung turun saat pemerintah mulai mendatangkan daging sapi impor. Tahun lalu harga daging sapi pernah mencapai Rp 60.000-65.000 per kg saat kran impor daging sapi dilakukan.

"Tapi kalau sampai lebaran tidak ada daging impor, maka harga daging sapi saat itu bisa Rp 120.000 per kg. Kami lebih baik tidak jualan dulu karena tidak ada yang sanggup beli," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com