Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Air Sumur Warga Tercemar Aroma Bensin

Kompas.com - 04/05/2013, 03:30 WIB

Padang, Kompas - Sebuah ledakan melanda dua rumah di RT 1/RW 5, Kelurahan Kubu Marapalam, Kecamatan Padang Timur, Kota Padang, Sumatera Barat, Kamis (2/5) malam. Akibatnya, sebagian tembok rumah tersebut retak dan nyaris roboh.

Pada Jumat, sejumlah sumur air minum milik warga juga tercemar aroma bahan bakar minyak seperti Premium dan solar. Namun, belum diketahui dari mana asal dan apa jenis pencemar itu.

Rumah yang rusak itu, bernomor 98 A milik Firman (43) dan sebuah rumah nomor 98 B tempat operasional perusahaan jasa kurir dan angkutan barang, mengalami kerusakan.

Atap rumah dengan bagian dinding bersebelahan dengan SPBU 14.251.522 yang berada di Jalan Sutomo, Kecamatan Padang Timur, itu mengalami kerusakan hingga nyaris tanggal.

Sebagian kaca jendela nako dan penutup lampu di rumah Firman terlihat pecah. Bagian tembok kamar mandi juga retak dan nyaris roboh seperti setelah diguncang gempa.

”Ketika itu, saya sedang menonton televisi dan tiba-tiba saja terjadi ledakan keras dan menimbulkan getaran kuat,” kata Firman. Ledakan itu tidak disusul percikan api, melainkan serupa dengan gas yang tertahan.

Kepala Satuan Pengamanan SPBU 14.251.522 Eri Fauzi mengatakan, operasional SPBU itu sementara dihentikan untuk menjaga kemungkinan yang tidak diinginkan. Namun, ia menyebutkan, ledakan itu tidak berkaitan dengan SPBU. ”Ledakan terjadi di rumah warga sebelah timur, sedangkan tangki berada di sisi barat,” katanya.

Menurut Firman, tiga hari sebelum ledakan, tercium aroma BBM jenis Premium yang sangat menyengat. Wangi khas bensin itu menyeruak hingga ke seluruh bagian rumah.

Hingga Jumat malam, pihak Pertamina dan kepolisian belum memberikan penjelasan. (INK)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com